Ganjar Bahas Potensi Indonesia Jadi Negara Adidaya, Pengamat Langsung Ingatkan Kemiskinan di Jateng

  • Bagikan
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo

RAKYATJATENG–Pengamat Kebijakan Publik Gigin Praginanto, menyentil pernyataan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menyatakan bahwa Indonesia berpeluang menjadi negara adidaya dunia.

Dia pun melontarkan sindiran pedas kepada Ganjar soal kemiskinan di Jawa Tengah yang gagal dengan cita-cita Ganjar.

Baca Juga: Gegara Ulah Heru Budi Hapus Jejak Anies, Jokowi Kena Imbas: Orang yang Gantikan Pak Jokowi.. Nanti Dendam Juga

Hal itu disampaikan Gigin dalam akun Twitter pribadinya, pada Selasa 27 Desember 2022.

“Memerangi kemiskinan di Jateng aja gagal total kok mau menjadikan Indonesia negara adidaya. Jangan-jangan malah bubar,” ujar Gigin dikutip Newsworthy.

Diketahui, dilansir dari Kompas, menurut data kemiskinan Jateng pada Maret 2023 milik Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk miskin Jateng sebesar 10,93 atau 3,8 juta. Sedangkan 1,97 persennya termasuk warga dengan kemiskinan ekstrem di Jateng.

Kabid Pemsosbud Bappeda Jateng Edi Wahyono mengatakan, warga miskin ialah mereka yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan atau berada di bawah garis kemiskinan.

Di Jateng, garis kemiskinan yakni Rp423.264 per kapita/orang per bulannya.

Sehingga, setiap warga yang mengeluarkan dana kebutuhan dasar kurang dari angka tersebut, dan itu termasuk miskin.

“Kalau kemiskinan ekstrem didefinisikan sebagai mereka yang hidup di bawah Rp10.739 setiap orang setiap harinya atau Rp322.170 per bulannya, ini menurut perhitungan Bank Dunia,” jelas Edi kepada Kompas.(wartaekonomi)

  • Bagikan