Mahfud MD Bilang KPU Bakal Dituding Curang, Gigin: Dari Awal Sudah Bau Amis

  • Bagikan
Ilustrasi KPU

RAKYATJATENG– Pengamat Kebijakan Publik Gigin Praginanto, mendadak menyinggung dugaan Menko Polhukam Mahfud MD terhadap KPU pada 2024.

“Karena sejak awal KPU sudah bau amis,” ujar Gigin dikutip dari unggahan twitternya, @giginpraginanto (11/1/2023).

Dikatakan dan diyakini Mahfud sebelumnya, Pemilu 2024 nantinya akan ada tudingan KPU curang. Dia mengatakan, praktik kecurangan dalam proses pemilihan umum (Pemilu) sudah ada sejak dulu hingga saat ini.

Namun demikian, kata Mahfud, praktik kecurangan ini ada di level bawah bukan di penyelenggaraan pemilu.

Hal itu dikatakan Mahfud dalam Keynote Spechnya di Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-25 Universitas Paramadina, Selasa (10/1/2023) kemarin.

Mahfud mengatakan, kendati praktik kecurangan pada Pemilu selalu ada, kecurangan pemilu saat ini juga lebih baik dibandingkan era sebelumnya.

Lanjutnya, kendati praktik kecurangan pada Pemilu selalu ada, kecurangan pemilu saat ini juga lebih baik dibandingkan era sebelumnya.

Untuk mengantisipasi kecurangan tersebut, ujar Mahfud. Sistem Pemilu saat ini sudah lebih baik. Saat ini, penyelenggaraan Pemilu diawasi pengawas Pemilu, pemantau independen dan unsur lainnya yang diberikan kewenangan melaporkan proses pemungutan suara.(*)

  • Bagikan