Elite Race Borobudur Marathon 2012 Diikuti 42 Pelari

  • Bagikan

MAGELANG, RAKYATJATENG – Borobudur Marathon kembali digelar tahun ini, diikuti 42 peserta. Para pelari elite nasional tersebut saling bersaing menjadi yang terbaik menaklukkan rute 42,5 km di kawasan Candi Borobudur Magelang, Sabtu (27/11/2021).

Kali ini cukup istinewa karena jumlah peserta yang lebih banyak dibandingkan pada event serupa tahun 2019 lalu. Di antara para peserta lomba kategori elite race, ada sejumlah nama beken. Di antaranya ada Sapto Prayogo, Betmen Manurung, Suwandi, Asmabarra, Fitriyani, Irma Handayani, dan lainnya.

Meski tak seramai sebelum pandemi, namun para pelari nasional itu tetap semangat mengikuti event itu. Apalagi, mereka dilepas dan disemangati secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Para peserta sudah siap di garis start di Taman Lumbini sejak pukul 04.00 WIB. Mereka melakukan pemanasan sebelum bendera start dikibarkan sekitar pukul 05.00 WIB.

“Kita senang ya, akhirnya event Borobudur Marathon bisa kembali kita gelar. Kita mencoba cari jalan keluar, untuk menjaga marwah Borobudur Marathon. Alhamdulillah meski pandemi, tahun lalu event ini tetap digelar dan tahun ini juga bisa terlaksana meskipun yang lari hanya elite dan terbatas, yang lainnya secara virtual,” kata Ganjar.

Ganjar berharap, tahun depan event ini bisa kembali ramai seperti tahun-tahun sebelum pandemi. Tentu dengan jumlah peserta lebih banyak lagi. Sebab, pandemi sudah mulai menurun dan banyak masyarakat yang sudah divaksin.

“Mudah-mudahan tahun depan kita bisa melihat sudah penuh pesertanya yang lari di sini,” jelasnya.

Menurut Ganjar, Borobudur Marathon tidak hanya untuk sport and tourism. Lebih dari itu, ajang tersebut juga diyakini bisa ikut mendongkrak ekonomi masyarakat, khususnya di Magelang.

“Perekonomian pasti meningkat, namun karena ini masih terbatas, pasti tidak sebagus yang dulu. Tapi kami dari pemprov tetap menjaga, kita coba memberikan stimulan-stimulan agar ekonomi bisa jalan,” terangnya.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali mengapresiasi event Borobudur Marathon 2021. Meski masih pandemi, namun event itu tetap bisa digelar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Saya terima kasih dan mengapresiasi pada Pak Ganjar dan berbagai pihak yang menyelenggarakan ini. Mudah-mudahan kegiatan ini akan berlangsung terus, dan makin tahun makin sukses,” ujar menpora.

Event Borobudur Marathon akan berlanjut hingga Minggu (28/11). Esok hari akan digelar lomba kategori tilik candi sepanjang 21 km yang diikuti oleh 128 pelari. (bay/ria/JPC)

  • Bagikan