Mantan Kades Tersangka Calo CPNS Rp5 M Ditangkap saat Jualan Bakso di Pemalang

Agustus 10, 2021

JS, tersangka calo CPNS saat dihadirkan dalam jumpa pers di Mapolres Sukoharjo, Selasa (10/8). (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

SUKOHARJO, RAKYATJATENG – Seorang lelaki berinisial JS, mantan kepala desa (kades) di Magetan, Jawa Timur yang menjadi tersangka penipuan bermodus calo calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan total keruigian korban hingga Rp 5 miliar ditangkap di Pemalang, Jawa Tengah.

Dalam pelariannya, calon legislatif yang dicoret dari daftar caleg tetap (DCT) dapil VIII Jawa Timur pada Pileg 2019 ini tengah berjualan bakso di Pemalang, Jawa Tengah.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho melalui Kasatreskrim Polres Sukoharjo AKP Tarjono Sapto mengatakan, setelah melakukan serangkaian tindakan penyelidikan dan pemeriksaan saksi-saksi, kemudian melakukan pengecekan di tempat tinggal tersangka di Klayapan RT 021 RW 004, Desa Klagen, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Namun, rumah tersebut ternyata kosong. Penyidik mendapat informasi bahwa yang bersangkutan berada di wilayah Kabupaten Pemalang.

“Kemudian Tim Satreskrim Polres Sukoharjo berkoordinasi dengan Tim Satreskrim Polres Pemalang guna mencari keberadaan tersangka JS. Setelah dilakukan penyelidikan, diketahui keberadaan tersangka JS di Perum Sapphire Residence Beji, Kabupaten Pemalang dan selanjutnya dilakukan penangkapan pada Minggu (8/8) pukul 00.30,” kata Tarjono Sapto.

Dalam pelariannya, tersangka ngekos di perumahan tersebut dan sehari-hari berjualan bakso. Saat penangkapan, pelaku pun mengakui perbuatanya tersebut.

“Selanjutnya pelaku dibawa ke Mapolres Sukoharjo guna proses lebih lanjut,” katanya. (kwl/ria/JPC)

Komentar

VIDEO TERKINI