tiket.com Catat Pemesanan Hotel di Yogyakarta Naik 109 Persen

  • Bagikan

YOGYAKARTA, RAKYATJATENG – Pionir Online Travel Agent (OTA) di Indonesia yang akan merayakan ulang tahun ke-10 pada tahun ini, tiket.com, menyapa jurnalis di Kota Yogyakarta, Kamis (18/2/2021).

Kepada media, pihak tiket.com memaparkan kinerja bisnis hotel dan akomodasi di Indonesia bagian barat, terutama di Kota Yogyakarta.

Berdasarkan data di tahun 2020, pada Q3 ke Q4, tiket.com terus memecahkan rekor dan mencetak prestasi dalam pencapaian penjualan dan pemesanan hotel, dimana tingkat recovery okupansi hotel terus mengalami lonjakan sebesar 122%, sedangkan kontribusi bisnis akomodasi secara keseluruhan melonjak sebesar 118% (termasuk NHA-non hotel accomodation).

Area Manager West Indonesia, tiket.com, Ferdinand Siregar, menjealskan, pemulihan bisnis perhotelan di Indonesia pun sudah mulai mengarah ke arah positif, termasuk Kota Yogyakarta.

“Kami mencatat bahwa angka pemesanan hotel di Kota Yogyakarta naik sebesar 109% dari Q3 ke Q4 2020. Hal ini menunjukkan animo masyarakat yang tinggi untuk kembali liburan atau mengganti suasana dengan melakukan staycation ataupun work from hotel di hotel dekat rumah,” katanya.

Sejak pandemi Covid-19, fokus utama tiket.com adalah untuk mendukung upaya pemerintah mempercepat pemulihan industri pariwisata. Berbagai upaya dan inovasi pun ditempuh oleh tiket.com sebagai manifestasi nyata komitmen dan janji tersebut. Salah satunya adalah fitur tiketCLEAN.

tiketCLEAN merupakan solusi cerdas dari tiket.com dalam mendukung program pemerintah untuk menekan laju angka Covid-19, sembari turut mendorong pemulihan industri pariwisata Indonesia.

Label tiketCLEAN diberikan oleh tiket.com kepada semua mitra operator pariwisata yang telah memenuhi standarisasi protokol kesehatan dan kebersihan, sehingga aman dikunjungi oleh masyarakat.

“Hingga saat ini, terdapat lebih dari 10.600 hotel di Indonesia yang telah mendapatkan label tiketCLEAN. Khusus di Kota Yogyakarta, 660 hotel telah berlabel tiketCLEAN. Jumlah mitra hotel yang berlabel tiketCLEAN pun bertumbuh rata-rata 40% per kuartal,” tambah Ferdinand.

Bagi pengguna aplikasi tiket.com, kehadiran informasi hotel berlabel tiketCLEAN akan membantu mempermudah pengambilan keputusan bagi konsumen yang hendak mencari akomodasi.

Bagi mitra hotel yang telah memperoleh label tiketCLEAN, selain terlihat dalam aplikasi tiket.com, label tiketCLEAN pun terletak di front desk mitra hotel, sehingga pengunjung atau calon tamu yang bukan pengguna tiket.com, dapat merasa lebih nyaman dan tenteram menetap di hotel tersebut.

tiket.com berpartisipasi dalam inisiatif Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), yaitu InDOnesia CARE yang memastikan bahwa tempat wisata dan akomodasi menerapkan protokol kesehatan dan tersertifikasi Clean, Healthy Safety and Environment (CHSE).

Sekarang pelanggan tidak perlu ragu lagi saat ingin berpergian dan menginap di akomodasi pilihan, karena tiket.com telah memberikan pilihan akomodasi yang sudah CHSE dan tiketCLEAN, dengan hanya memilih filter InDOnesia CARE saat akan memilih akomodasi.

Dalam kesempatan ini, tiket.com turut mengundang operator hotel lain agar segera bergabung ke dalam ekosistem tiket.com. Sementara bagi mitra akomodasi yang belum melakukan standarsisasi CHSE dan label tiketCLEAN, tiket.com mengajak untuk menerapkan dan menjalankan prosedur sertifikasi atau standarisasi protokol kesehatan yang diberikan oleh Kemenparekraf dan tiket.com guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada tamu/pelanggan saat berwisata serta sebagai komitmen dan upaya untuk membantu menekan penyebaran virus.

Dalam upaya mendukung gerakan Kemenparekraf #DiIndonesiaAja, tiket.com menggelar tiket #DiIndonesia yang memberikan berbagai inspirasi liburan ke destinasi domestik, khususnya 5 Destinasi Superprioritas, di platform tiket.com.

“Kami percaya bahwa kemitraan berkelanjutan merupakan solusi kunci dalam mendorong pemulihan industri pariwisata Indonesia. Kolaborasi strategis antara tiket.com dan Kemenparekraf pastinya akan membawa dampak positif bagi para pencari nafkah di dalam industri pariwisata,” kata Public Relations Manager tiket.com, Sandra Darmosumarto.

Menurut Sandra, berbagai peran yang dijalankan oleh tiket.com, akan semakin membuka peluang percepatan pemulihan industri pariwisata.

“Kami optimis akan pemulihan menyeluruh sepanjang tahun 2021,” katanya. (Ars)

  • Bagikan