Manfaat Bengkoang untuk Diet dan Cara Konsumsi agar Kenyang Lebih Lama

  • Bagikan
Manfaat bengkoang untuk diet, turunkan kolesterol dan penderita diabetes

RAKYAT JATENG — Khasiat bengkoang untuk kecantikan sudah sangat terkenal. Namun, Manfaat bengkoang untuk diet dan cara konsumsi agar kenyang lebih lama mungkin belum yang mengetahuinya.

Bengkoang nama nama latin Pachyrhizus erosus merupakan tanaman umbi-umbia yang berasal dari daratan Meksiko. Bengkoang memiliki kalori yang rendah dengan kandungan gizi seperti karbohidrat, kaya serat, protein, dan vitamin, sehingga banyak yang mengambil manfaat bengkoang untuk diet.

Kandungan air yang tinggi pada buah bengkoang membuat rasanya sangat segar. Bagian daging buah bengkoang berwarna putih dengan tekstur yang renyah dan berair.

Sebagian besar kalori pada bengkoang berasal dari karbohidrat dan sisanya dari protein serta lemak dengan jumlah yang kecil. Kandungan serat, vitamin dan mineral pada bengkoang dalam jumlah yang cukup besar. Satu buah bengkoang dengan ukuran 130 gram mengandung kandungan sebagai berikut ini.

Kalori: 49
Karbohidrat: 12 gram
Lemak: 0,1 gram
Serat: 6,4 gram
Vitamin C: 44% dari RDI
Zat besi: 4% dari RDI
Magnesium: 4% dari RDI
Kalium: 6% dari RDI
Mangan: 4% dari RDI
Protein: 1 gram
Folat: 4% dari RDI

RDI merupakan Reference Daily Intakes atau disebut Nilai Harian.

Bengkoang juga memiliki kandungan vitamin E, tiamin, riboflavin, vitamin B6, asam pantotenat, kalsium, fosfor, dan seng. Dengan Kandungan seperti di atas tak heran banyak orang memanfaatkan bengkoang untuk program diet dan keperluan lainnya.

Manfaat Bengkoang Untuk Diet

Tingginya kandungan nutri dalam bengkoang, membuat banyak yang mengambil manfaat bengkoang untuk diet.
Sebenarnya manfaatnya tidak hanya sebatas itu saja, melainkan untuk kecantikan dan kesehatan lainnya juga.

Berikut ini manfaat bengkoang untuk menurunkan berat badan dengan efektif dan alami.

Bantu Program Diet Turunkan Berat Badan

Bengkoang mengandung banyak air, sekaligus kalori yang rendah serta tinggi serat yang menjadikannya salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi saat Anda menjalani program diet.

Selain itu, mengkonsumsi mengkonsumsi bengkoang membuat merasa kenyang lebih lama. Kelebihan atau khasiat bengkoang ini tentunya sangat menguntungkan untuk yang sedang diet.

Menyehatkan Jantung

Kandungan air yang tinggi serta nutrisi dan kandungan jenis molekul karbohidrat dan oligofructose inulin dalam bengkoang sangat baik menjaga kesehatan kardiovaskular. Bengkoang juga membantu menurunkan jumlah kadar kolesterol dengan lebih cepat.

Bila menggunakan bengkoang untuk diet dapat membuat dan meningkatkan kesehatan arteri. Manfaat bengkoang untuk diet ekaligus mengurangi radang yang umumnya disebabkan oleh beberapa penyakit kronis seperti kolesterol tinggi, diabetes, sindrom metabolik serta resistensi insulin.

Baik Untuk Pencernaan

Serat serta kandungan air sangat dianjurkan dikonsumsi untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Manfaat bengkoang dapat menghidrasi sekaligus menyediakan serat, elektrolit esensial dan juga nutrisi yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan usus.

Bengkoang juga menjadi salah satu umbi yang dapat dicerna dengan sangat mudah karena kandungan airnya yang tinggi serta serat alami yang dapat melancarkan pencernaan Anda.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bengkoang merupakan buah dengan sumber prebiotik tinggi. Molekul serat pada bengkoang menyeimbangkan pertumbuhan mikroba baik yang terdapat di dalam usus besar.

Penelitian ahli menyimpulkan makanan dengan kandungan prebiotik yang tinggi seperti buah bengkoang ini memiliki fructans tipe inulin dengan karakter yang dapat melindungi dan menurunkan risiko kanker usus besar.

Bengkoang dengan kandungannya dapat melawan dampak dari toksin serta karsinogen pada usus, menurunkan pertumbuhan jamur serta menghentikan peradangan agar tidak semakin menyebar.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Manfaat bengkoang menurunkan kolesterol dengan cara serat yang terkandung di dalamnya akan mengikat kolesterol. Proses ini mencegah usus menyerap empedu kolesterol ke dalam tubuh.

Kemudian kolesterol akan dikeluarkan dari dalam tubuh dengan cara sistem ekskresi.

Mempertahankan Kadar Gula Normal

Bengkoang terbukti baik untuk dijadikan sebagai makanan penunda lapar saat diet. Manfaat bengkong yang besar, sehingga banyak yang menggunakan bengkoang untuk diet.

Bengkoang juga sangat baik untuk penderita diabetes karena kandungan gulanya yang rendah sehingga tidak menyebabkan peningkatan kadar gula nantinya.

Bengkoang mengandung inulin yang menghasilkan rasa manis dan tentunya tidak mengandung kalori sedikit pun. Selain itu jenis karbohidrat yang terkandung di dalamnya juga tidak akan menghambat proses metabolisme tubuh.

Menguatkan Tulang

Saat sedang menjalankan program diet dan menggunakan bengkoang untuk diet juga diimbangi dengan aktivitas. Anda membutuhkan bengkoang untuk memberikan asupan nutrisi untuk tubuh serta magnesium supaya dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium dengan lebih baik.

Nah itu dia berbagai macam manfaat bengkoang untuk program diet.

Cara Konsumsi Bengkoang uituk Diet

Cara konsumsi bengkoang untuk diet salah satunya dengan memakan secara langsung sebagai camilan. Anda dapat mengkonsumsinya sebelum makan-makanan berat agar dapat mengurangi porsi makan yang berlebih.

Jus Segar

Buah bengkoang dapat diolah menjadi jus. Jus bengkoang sangat baik untuk dikonsumsi saat selesai beraktivitas fisik seperti olahraga. Kandungan serat pada jus bengkoang membuat proses pencernaan menjadi lancar.

Nah itu dia penjelasan seputar buah bengkoang untuk diet, Anda dapat memanfaatkan buah ini dengan mudah untuk membantu proses penurunan berat badan Anda. Selain bengkoang juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk memenuhi asupan gizi selama diet. (bs/fajar)

  • Bagikan