Gandeng Undip, Hendi Siapkan Robot Penerima Tamu di Kantor Balaikota Semarang

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – WaliKota Semarang Hendrar Prihadi terus mengupayakan pengaplikasian sistem robotik dalam berbagai urusan. Hal ini masuk dalam salah satu program pengembangan Semarang Smart City tahun 2021 sampai 2026.

Menggandeng Universitas Diponegoro (Undip) dalam merealisasikan project robot itu, Walikota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut sebelumnya telah memulai dengan merintis robot dengan model denok kenang.

Yang terbaru, project pengembangan sistem robot di Kota Semarang itu disiapkan untuk dapat menjadi greeter atau penerima tamu di Kantor Balaikota Semarang.

Robot tersebut dapat berjalan untuk menghampiri tamu yang datang, serta menunjukkan berbagai pilihan keperluan masyarakat yang datang di area Balaikota Semarang.

Adapun wujud dari robot tersebut pun telah mulai jadi beberapa waktu lalu seperti yang terihat pada unggahan akun instagram milik Hendi di @HendrarPrihadi.

Dirinya pun secara langsung ikut melakukan uji coba fungsi kemampuan robot yang memiliki warna kombinasi merah putih tersebut.

Tak hanya dapat memandu keperluan tamu yang datang ke Balaikota Semarang, Hendi menyebutkan robot tersebut juga dirancang untuk melakukan pendataan masyarakat yang datang dengan berbagai keperluannya.

“Salah satu fiturnya juga bisa mendata masyarakat dengan memindai KTP siapa saja yang menggunakan layanan robot ini,” terang Hendi.

Hendi menekankan alasan pengembangan sistem robot ini salah satunya adalah juga untuk menekan potensi penyebaran COVID-19 dalam kegiatan pelayanan publik.

“Kita coba robot ini bisa bekerja dengan sistem touchless atau tanpa sentuhan, sehingga benar-benar tepat manfaat di era pandemi COVID-19 yang belum usai ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian TU Kepala Daerah dan Staf Ahli, Sarifa menyebutkan penerapan sistem robot dalam pelayanan tamu di Kantor Wali Kota Semarang akan segera difungsikan.

“Nanti akan difungsikan untuk mendukung pendataan tamu, keperluan tamu, dan data-data lain, yang kesemuanya diharapkan mampun menyempurnakan cara-cara konvensional dalam melayani tamu Kepala Daerah,” terangnya. (Sen)

  • Bagikan