Lazada Soroti Tren Positif UKM Digital di Semarang Melalui Lokakarya Upgrade UKM
RAKYATJATENG, SEMARANG - Lazada, destinasi belanja online nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara menggelar kegiatan lokakarya yang menghadirkan beragam seller terbaik di Kota Semarang, Sabtu (9/11).
Kegiatan tersebut, sebagai bagian dari rangkaian program roadshow #UpgradeUKM ke 11 kota besar di seluruh Indonesia. Semarang merupakan kota keempat yang dikunjungi oleh tim Lazada setelah Bandung, Makassar, dan Medan, untuk pelaksanaan kegiatan ini
Sejalan dengan pesan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, terkait pentingnya peningkatan jumlah titik pusat perekonomian baru di Indonesia untuk merangsang tingkat ekonomi dan daya beli masyarakat, Lazada didukung oleh Bekraf, meluncurkan program roadshow #UpgradeUKM ini pada awal bulan Agustus lalu.
Bekerjasama dengan Facebook dan SiCepat, Lazada menyapa para wirausahawan termasuk pelaku UKM di berbagai kota untuk berbagi ilmu dan kiat mengembangkan bisnis secara online. Program ini merupakan bagian dari inisiatif #KamuJugaBisa yang diluncurkan bulan Mei lalu guna menjembatani pengembangan potensi UKM lokal di Indonesia.
Antusiasme dari ratusan pedagang, seller, dan pengusaha UKM kreatif tampak jelas ketika menyimak rangkaian kegiatan lokakarya informatif dan edukatif mengenai tren belanja online. Kiat sukses menjadi penjual online berprestasi di marketplace, tips untuk mengembangkan bisnis dan mendorong pertumbuhan, serta berbagai macam solusi untuk mengatasi tantangan berjualan online.
Dalam pembukaan acara, SVP Community & PR Lazada Indonesia Achmad Alkatiri membagikan beberapa poin penting agar UKM dapat sukses. Ia menyampaikan, bahwa memahami kebutuhan pelanggan dan kemajemukan Indonesia sebagai pasar adalah salah satu kunci mendasar dalam mengembangkan usaha yang kita miliki.
“Kita selaku para wirausahawan kreatif, dituntut untuk terus menerus berinovasi dalam menghasilkan atau menghadirkan produk, serta senantiasa menjaga kualitas produk dan mutu pelayanan pelanggan terhadap pelanggan dengan baik,” kata Achmad.
Pada akhirnya, lanjut dia, pelanggan yang puas akan merekomendasikan jasa atau produk kita ke rekan dan kerabat mereka yang lainnya.
“Melihat besarnya potensi pasar online Indonesia, sudah sewajarnya UKM berani mengembangkan bisnisnya ke ranah digital. Bukti nyata komitmen kami dalam mendukung UKM adalah melalui fasilitas gratis ongkir, sehingga para penjual dan pedagang di berbagai daerah dapat semakin menjangkau pembeli dimanapun tanpa harus khawatir dengan biaya ongkos kirim,” lanjut Achmad.
Hadir sebagai narasumber di acara workshop #UpgradeUKM tersebut adalah Adhietyo Pratomo yang merupakan salah satu seller asli dari Kota Semarang. Memulai usaha toko virtual bernama Tomtomo di Lazada.co.id sejak tahun 2012, kurang lebih 5 tahun melayani pesanan dari seluruh Indonesia.
“Saya merasakan sekali manfaat berdagang di Lazada, karena dapat meningkatkan taraf hidup saya dan keluarga. Bila dibandingkan dengan toko tradisional ataupun situs marketplace lainnya, produk yang saya usung di situs Lazada mendapatkan exposure lebih tinggi. Resep kesuksesan saya terletak pada rangkaian produk unik yang saya jual, yaitu miniatur mobil mewah, beberapa diantaranya seperti: Ford Mustang GT, Mercedes-Benz AMG GT, dan Mercedes-Benz 300SL 1954 dengan harga yang sungguh terjangkau,” ujar Adhietyo.
Mengubah pola pikir dari berdagang konvensional menjadi digital memang tidak mudah, kata dia, tetapi Lazada sebagai marketplace ternama di Indonesia, memberikan kesempatan dan kemudahan bagi kita untuk menjangkau konsumen yang lebih besar. Selain itu, Lazada juga memiliki fasilitas pendampingan serta berbagai solusi untuk membantu meningkatkan angka transaksi.
“Menurut pelanggan saya, fasilitas gratis ongkir Lazada sangat menarik dengan jumlah pembelian tertentu. Mereka tidak perlu khawatir akan biaya ongkir dan barang dapat mereka terima tanpa halangan dan hambatan, yang penting alamat kirim ditulis jelas dan lengkap. Oleh karena itulah pelanggan kini menjadi semakin yakin untuk memesan produk dari saya,” tegas Adhietyo.
Adhietyo menambahkan, dukungan dari manajemen Lazada terhadap para seller pun terpadu dan terus berkelanjutan. Selain memiliki jaringan pelanggan dan konsumen terluas dan tertinggi di Indonesia.
“Situs Lazada mendorong pertumbuhan usaha para seller seperti saya dengan beragam fasilitas seperti gratis ongkir sehingga kita dapat memberikan harga yang kompetitif tanpa khawatir dengan beban biaya pengiriman,” imbuh Adhietyo.
Roadshow ini bertujuan untuk membantu para wirausahawan dan UKM untuk mengembangkan dan memajukan bisnis mereka ke tingkat yang lebih tinggi, khususnya bagi yang sebelumnya hanya berjualan secara offline. Diharapkan, nantinya mereka mampu menjangkau lebih banyak calon pelanggan dengan berdagang secara online.
Bagi yang semula memiliki usaha berskala kecil, dapat meningkatkan kapasitas usaha menjadi menengah atau lebih besar lagi dan tidak menutupi kemungkinan bagi yang semula usahanya hanya mencakup konsumen lokal suatu saat akan merambah pasar nasional dan global bersama Lazada. Setelah Semarang, kota selanjutnya adalah kota Yogyakarta.
Pada roadshow #UpgradeUKM tersebut, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai cara memanfaatkan marketplace online untuk mendorong potensi usaha mereka, serta kiat sukses dari sejumlah seller berpengalaman yang terbukti berhasil mengembangkan usahanya di situs Lazada. (Sen)