Tim manajemen Fortress akan mengambil posisi  ekuitas yang signifikan
New York & Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (ANTARA/Business Wire)- Fortress Investment Group (“Fortress”) dan Mubadala Investment Company, melalui anak perusahaan yang bergerak di bidang manajemen aset, Mubadala Capital (“Mubadala Capital”), hari ini mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian tetap untuk mengakuisisi 90,01% ekuitas Fortress yang saat ini dipegang oleh SoftBank Group Corp (“SoftBank”), yang merupakan pemilik Fortress sejak tahun 2017. Ketentuan dalam kesepakatan ini tidak diungkapkan, dan kesepakatan tersebut tunduk pada persyaratan penutupan (customary closing condition) dan persetujuan regulator.
Setelah penutupan transaksi, manajemen Fortress diperkirakan akan memiliki 30% saham di perusahaan tersebut dan akan memegang kelas ekuitas yang memberikan hak kepada manajemen Fortress untuk menunjuk mayoritas kursi  dewan. Mubadala Capital (yang saat ini memegang 9,99% saham di Fortress melalui Private Equity Fund II dan III), akan memiliki 70% ekuitas Fortress.
Setelah penutupan, Fortress akan terus beroperasi sebagai manajer investasi independen di bawah brand Fortress, dengan otoritas penuh atas proses investasi dan pengambilan keputusan, personel, dan operasional. Drew McKnight dan Joshua Pack akan ditunjuk sebagai co-CEO Fortress, sedangkan Pete Briger akan ditunjuk sebagai Chairman. CEO dan Managing Director Mubadala Capital, Hani Barhoush, yang telah berada dalam dewan Fortress sejak 2019, akan meneruskan jabatannya.
Dean Dakolias akan melanjutkan perannya sebagai Managing Partner dan Tom Pulley akan meneruskan perannya sebagai CEO di bisnis global Fortress Real Estate. Jack Neumark telah ditunjuk sebagai Managing Partner dan akan terus memimpin bisnis Legal Assets dan menjadi pemimpin rekanan di bisnis Specialty Finance, sementara Marc Furstein akan meneruskan jabatannya sebagai President. Para Co-Founder Fortress, Wes Edens dan Randy Nardone, akan terus mengawasi bisnis PCV dan investasi PE yang tersisa, termasuk Brightline.
Di bawah kepemilikan bersama yang baru ini, Fortress diperkirakan dapat menghasilkan nilai yang signifikan bagi para pemangku kepentingan dengan kian mengukuhkan posisi mereka di bidang investasi alternatif, terutama dalam sektor kredit dan real estat di pasar publik dan swasta. Saat ini Fortress mengelola aset sebesar $46 miliar atas nama lebih dari 1.900 investor institusional dan klien pribadi. Estimasinya, Fortress dapat memperoleh manfaat dari jaringan global Mubadala Capital dan portofolio aset terdiversifikasi yang luas, serta akses ke peluang investasi eksklusif untuk mendukung pertumbuhan dan ekspansinya.
Pete Briger, Drew McKnight, dan Joshua Pack dari Fortress dalam pernyataan mereka mengatakan: “Kami senang dapat memperdalam hubungan kami dengan Mubadala, bermitra dengan salah satu investor paling canggih di dunia dalam sebuah transaksi yang akan memberikan manfaat jangka panjang yang signifikan bagi perusahaan, karyawan, dan para klien yang kami layani. Kami telah bekerja sama dengan Mubadala selama bertahun-tahun dan sangat menghargai ketajaman serta disiplin investasi mereka. Kami melihat investasi Mubadala sebagai penegasan atas model bisnis dan pendekatan investasi yang telah kami lakukan selama lebih dari 20 tahun, dan—di saat dinamika pasar lebih selaras dengan pengalaman dan keahlian kami—kami sangat antusias menatap masa depan Fortress.”
Hani Barhoush, CEO dan Managing Director Mubadala Capital, menyatakan: “Fortress adalah manajer investasi terkemuka di dunia dengan rekam jejak konkret dalam memberikan hasil unggul sesuai risiko kepada para investor mereka di sepanjang siklus bisnis. Dalam 20 tahun terakhir, mereka telah membangun portofolio yang luar biasa dan menetapkan posisi mereka sebagai investor kredit dan aset andalah sembari menumbuhkan strategi investasi yang terus bertumbuh di seluruh kelas aset. Kami memiliki relasi yang kuat dengan tim manajemen Fortress, dan kami senang bisa membawa relasi ini lebih jauh di tahun-tahun mendatang dengan landasan keselarasan visi yang kuat, sekaligus menghadirkan nilai yang lebih besar lagi kepada investor kami.”
Transaksi ini diestimasi akan ditutup pada kuartal pertama tahun 2024, tergantung pada persetujuan regulator.
Ardea Partners berperan sebagai penasihat keuangan dan Shearman & Sterling berperan sebagai penasihat hukum untuk Mubadala.
Goldman, Sachs & Co. LLC ditunjuk sebagai penasihat keuangan dan Kirkland & Ellis ditunjuk sebagai penasihat hukum untuk manajemen senior Fortress di dalam transaksi ini. Skadden, Arps, Slate, Meagher & Flom LLP mewakili Fortress dalam transaksi ini.
The Raine Group bertindak sebagai penasihat keuangan eksklusif dan Morrison Foerster bertindak sebagai penasihat hukum untuk SoftBank.
Tentang Fortress Investment Group
Fortress Investment Group LLC adalah manajer investasi global terkemuka yang sangat terdiversifikasi. Didirikan pada 1998, Fortress mengelola aset senilai $45,8 miliar di bawah manajemen mereka per 31 Desember 2022, atas nama lebih dari 1.900 klien institusional dan investor pribadi di seluruh dunia, di berbagai kredit dan real estat, ekuitas swasta, dan strategi investasi modal permanen.
Tentang Mubadala Capital
Mubadala Capital adalah anak perusahaan manajemen aset milik Mubadala Investment Company, investor global milik negara yang berbasis di Abu Dhabi. Selain mengelola investasi neraca keuangan mereka sendiri, Mubadala Capital mengelola sekitar $20 miliar secara agregat di seluruh investasi neraca keuangannya sendiri dan di kendaraan modal pihak ketiga atas nama investor institusional, termasuk empat dana ekuitas swasta, tiga dana ventura tahap awal, dan dua dana di Brasil yang fokus pada situasi khusus.
Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.
Kontak
Media:
Mubadala
Salam Kitmitto
+971 50 276 9286
Fortress
Gordon Runte
+1 917 981 1246
Sumber: Fortress Investment Group LLC dan Mubadala Capital

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2023