Libur Nataru 2022, PT KAI Operasikan 24 Kereta Api Tambahan

  • Bagikan

RAKYATJATENG-- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang mengoperasikan 24 KA tambahan untuk menghadapi momen Natal dan Tahun Baru (Nataru). Total ada 84 KA yang beroperasi.

Direktur SDM dan Umum PT KAI Suparno mengatakan, untuk jumlah sarana yang siap operasi di wilayah Daop 4 Semarang total 163 armada.

Rinciannya 20 unit lokomotif, 6 unit KRD (Kereta Rel Diesel), dan 137 unit kereta. Total KAI Daop 4 Semarang menyediakan 860.980 tempat duduk selama periode tersebut.

“Sebanyak 608.093 tempat duduk untuk KA jarak jauh serta 252.887 tempat duduk untuk KA menengah dan KA lokal,” katanya Kamis (22/12).

Hingga kemarin, sudah terjual 250.406 tiket KA jarak jauh, 33.062 menengah dan KA Lokal atau 33 persen dari total ketersdiaan tiket.

Sementara untuk pengamanan masa Nataru, ditetapkan selama 18 hari ke depan, mulai Kamis (22/12) sampai Minggu (8/1). Ratusan petugas disaipkan termasuk menyiagakan anjing pelacak.

“Total 280 petugas pengamanan, terdiri dari 122 personel Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), 133 security, dan 25 personel tambahan dari TNI/Polri. Pengamanan di Stasiun Tawang dan Poncol juga diperkuat dengan anjing pelacak,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Terminal Tipe A Mangkang Kota Semarang, Reno Adi Pribadi, mengatakan, prediksi peningkatan penumpang tersebut di angka 30 persen. Prediksi kenaikan ini lantaran Nataru saat ini tidak lagi terhalang pandemi.

“Kalau tahun lalu dalam momen yang sama per hari sampai empat ribu orang. Kemungkinan tahun ini penumpang bisa di angka 5,2 ribu per hari,” ucapnya.

Pihaknya tetap menerapkan prokes, minimal memakai masker. Termasuk maksimalkan Peduli Lindungi sambil menunggu intruksi dari pusat. “Misalnya penumpang bus wajib booster akan kita lakukan,” pungkasnya. (radarsemarang)

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerjasama antara FAJAR.CO.ID dengan RADARSEMARANG.JAWAPOS.COM. Segala hal yang terkait dengan artikel ini adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari RADARSEMARANG.JAWAPOS.COM.
  • Bagikan

Exit mobile version