Ancaman di Amerika Meningkat, FBI Peringatkan Umat Yahudi

  • Bagikan
Agen FBI -- Foto Reuters

RAKYAT JATENG – Ancaman serangan anti-Semit di Amerika meningkat. Federal Bureau Investigation atau FBI pun mengeluarkan peringatan kepada umat Yahudi yang ada di Amerika Serikat.

Peringatan dari FBI kepada umat Yahudi terkait ancaman yang kredibel terhadap rumah ibadah umat Yahudi alias sinagoge di Negara Bagian New Jersey, Amerika Serikat.

Biro investigasi federal telah mengingatkan pengurus Sinagoge melakukan tindakan pencegahan keamanan untuk melindungi komunitas dan bangunan rumah ibadahnya. “Tetap waspada,” kata kantor lapangan FBI di Newark dalam sebuah pernyataan singkat, Kamis (3/11/2022).

FBI tidak memberikan rincian spesifik tentang ancaman yang dimaksud. FBI hanya mengatakan para agen masih mengusut masalah ini.

“Kami akan membagikan lebih banyak informasi sesegera mungkin,” kata pernyataan itu.

Populasi umat Yahudi sekitar 3 persen dari seluruh penduduk Amerika Serikat. Rumah ibadah umat Yahudi yakni Sinagoge di seluruh negara bagian Amerika Serikat telah lama dibayangi ancaman serangan anti-Semit.

Ketegangan meningkat pada tahun 2018 setelah seorang pria menyerang jemaat yang berkumpul untuk kebaktian Sabat di sinagoge Tree of Life di Pittsburgh, Pennsylvania. Sebanyak 11 orang tewas diberondong senapan semi-otomatis pelaku.

Departemen Keamanan Dalam Negeri AS memperingatkan pada bulan Februari tentang ancaman yang meningkat dari kelompok-kelompok ekstremis terhadap sinagoge, gereja, serta perguruan tinggi dan universitas yang memiliki kedekatan historis dengan masyarakat kulit hitam.

Gubernur New Jersey Phil Murphy mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kantornya “bekerja dengan penegak hukum setempat untuk memastikan bahwa semua rumah ibadah dilindungi.” (reuters/jpnn/fajar)

  • Bagikan