Anies-AHY Makin Mesra, Ganjar Pranowo Terus Berjuang

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Isu pilpres mengerucutkan sejumlah nama terbatas. Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Puan Maharani, dan Prabowo Subianto.

Di internal PDIP, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai condong mendukung Ganjar sebagai capres. Sayangnya, Ganjar masih perlu berjuang. Belum ada partai resmi mengusungnya.

Meski menjagokan Ganjar, Jokowi masih menjaga tata krama terhadap PDIP sebagai partai pengusung. Sehingga, Jokowi tak akan terang-terangan memperlihatkan dukungan.

“Sehingga dukungan itu masih normatif,” kata analis politik Universitas Hasanuddin (Unhas) A Ali Armunanto, Minggu, 9 Oktober.

Meskipun, sekarang ini bisa dilihat bahwa sejumlah pihak dalam kendali Jokowi itu sudah berafiliasi ke Ganjar.

Jadi walaupun secara tidak tegas Jokowi menolak Puan sebagai capres, pada praktiknya, seperti terbentuknya KIB dan gerakan Projo itu kelihatan lebih mendukung Ganjar.

Memang Jokowi selalu mengatakan, jangan terburu-buru, tetapi di balik itu sudah ada langkah-langkah yang mengerucut kepada Ganjar. Apalagi, di periode keduanya, Jokowi tidak punya lagi beban politik.

“Kepentingannya hanya memelihara jaringan politiknya,” jelas Ali.

Sementara Puan, dalam survei berada di posisi bawah. Itu jika dibandingkan dengan Ganjar dan figur lainnya. Kemarin, Ganjar Pranowo berkunjung ke Sulsel. Ia enggan berkomentar soal Pilpres 2024.

Hanya, dari kunjungan itu bisa dinilai setelah dirinya berterima dengan sejumlah tokoh Sulsel. Dia bertemu dengan Anre Gurutta Haji (AGH) Rahim Assegaf Puang Makka. Juga bertemu Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, hingga mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

  • Bagikan