6 Manfaat Popcorn untuk Kesehatan Tubuh, Menjaga Kesehatan Tulang hingga Penurun Berat Badan

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATJATENG – Popcorn adalah salah satu jenis camilan yang paling populer di dunia disukai banyak orang. Makanan ringan ini dimakan untuk menemani orang-orang saat di rumah saat bersantai, menonton di bioskop, dan atau saat berada di tempat-tempat hiburan lainnya. Selama ini popcorn dipercaya sebagai camilan yang tak sehat karena perasa asin serta kandungan mentega yang ada di dalamnya. Namun siapa sangka bahwa makanan ini ternyata merupakan camilan sehat yang layak untuk kita konsumsi asalkan diolah dengan tepat.

Salah satu popcorn sehat yang bisa anda coba yaitu East Bali Cashew Popcorn. East Bali Cashews mengambil sumber langsung dari petani sehingga terbuat dari dari bahan-bahan tropis alami yang, segar, bebas pengawet, bebas pewarna buatan, bebas pemanis buatan dan vegan friendly.

Popcorn East Bali Cashews dibuat dari jagung pilihan yang dilapisi karamel dari sari lontar, dan garam dari pantai timur Bali. Dikombinasikan dengan potongan kacang mete yang lezat.Terdiri dari dua jenis yaitu Popcorn salted caramel yang lezat dan Popcorn cokelat caramel yang dilengkapi biskuit cokelat. Anda bisa mendapatkan Popcorn East Bali Cashews dalam kemasan 90 gram. Bahan ini bisa anda dapatkan di marketplace seperti blibli.com. Karena setiap harinya ada promo menarik dari Blibli.

Jika Anda mencari camilan yang bukan hanya lezat, tetapi juga sehat, maka popcorn adalah pilihan yang tepat. Dilihat dari bahan dasarnya, bisa dibilang olahan popcorn adalah salah satu camilan sehat. Apalagi jika popcorn diolah dengan cara yang sehat. Popcorn terbuat dari biji jagung utuh Kandungan nutrisinya memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam setiap 100 gram popcorn mengandung vitamin B1, B3, dan B6. Selain itu ada pula zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zync dan mangan. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam apa saja manfaat makan popcorn bagi kesehatan, langsung saja cek pembahasan berikut ini.

 1. Membuat Anda merasa kenyang lebih lama

Popcorn adalah camilan diet yang terbaik karena memiliki kandungan serat yang tinggi namun rendah kalori dan memiliki kepadatan energi yang rendah, sehingga membuat Anda akan merasa kenyang lebih lama setelah memakannya. Hal ini akan membuat Anda menghindari godaan mencicipi makanan lain dan tidak ngemil berlebihan sebelum waktu makan. Menurut hasil penelitian mengonsumsi popcorn lebih baik dibandingkan keripik kentang. Popcorn terutama yang tidak dimasak menggunakan microwave merupakan salah satu kudapan yang sangat tepat untuk menurunkan berat badan. Ketika popcorn tidak memiliki terlalu banyak garam ataupun mentega.

2. Melancarkan Pencernaan

Popcorn merupakan salah satu sumber serat terbaik karena 100% mengandung whole grain belum terproses yang memiliki kandungan serat sehat di dalamnya. Dalam 100 gram popcorn terkandung 15 gram serat. Adanya kandungan ini membuat makanan ini mudah dicerna oleh tubuh sehingga bisa membantu mengatur metabolisme dengan menghilangkan lemak berlebih di dalam pembuluh darah.

3. Mengatur gula darah

Serat yang terkandung dalam jagung juga memiliki dampak besar pada gula darah dalam tubuh. Serat Dapat membantu mengatur pelepasan dan pengelolaan gula darah dan kadar insulin lebih baik, sehingga menurunkan kemungkinan terkena diabetes tipe 2. Oleh sebab itu, bagi penderita diabetes, mengkonsumsi sumber serat yang cukup membantu mengurangi fluktuasi gula darah ini, menurut penelitian di The American Journal of Clinical Nutrition. Namun diperlukan pengaturan porsi yang tepat ketika mengkonsumsinya.

4. Kandungan antioksidan tinggi

Menurut hasil penelitian, popcorn memiliki kandungan polyphenol tinggi. Polyphenol ini sering ditemukan pada tumbuhan yang berperan sebagai antioksidan serta anti peradangan. Tapi, polifenol pada popcorn hanya terdapat 4% dari keseluruhan bagian  popcorn, terutama mengumpul di bagian cangkangnya yang keras dan yang biasanya sering menyangkut pada gigi. Satu porsi popcorn mengandung polifenol hingga 300 mg dari rata-rata kebutuhan harian. Lebih tinggi dari buah yang hanya memenuhi 225 mg per hari dan sayuran sebanyak 218 mg per hari. Meskipun begitu, bukan berarti Anda bisa mengganti buah dan sayuran karena popcorn tidak memiliki vitamin dan nutrisi sebanyak sayuran dan buah.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Serat adalah bagian penting dari diet seimbang, dan popcorn sangat ideal untuk meningkatkan asupan serat harian. Asupan serat yang tinggi, telah ditemukan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular serta penyakit jantung koroner. Menurut penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition, serat larut, yang banyak ditemukan dalam biji-bijian yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dengan mengikat kolesterol di usus kecil, mencegah penyerapannya ke dalam aliran darah. Mengurangi kolesterol total bermanfaat untuk menurunkan risiko kejadian kardiovaskular, seperti serangan jantung, stroke, dan aterosklerosis di kemudian hari dan juga mencegah ketegangan pada jantung dan arteri karena darah dapat mengalir dengan mudah.

6. Menjaga kesehatan tulang

Ternyata popcorn juga dapat membantu kesehatan tulang. Didalam popcorn terkandung sejumlah mangan yang bisa membantu membangun dan memelihara tulang yang sehat dan padat. Kandungan mangan ini membantu untuk mendukung struktur tulang dan melindungi terhadap osteoporosis, arthritis dan osteoarthritis.

Kudapan popcorn ini bisa menjadi pilihan Anda untuk diet dan merupakan pilihan yang cocok untuk menjaga kesehatan.

  • Bagikan