Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPT SDN 122 Leboni Kecamatan Rampi Kabupateen Luwu Utara yang merupakan Daerah Terpencil dengan menggunakan Media

  • Bagikan

Penelitian tentang Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPT SDN 122 Leboni Kecamatan Rampi Kabupaten Luwu Utara yang merupakan Daera Terpencil dengan menggunakan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA. Dilaksanakan pada tanggal 3 Februari sampai dengan 14 Februari 2020.

Permasalahan yang ditemukan yaitu rendah hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media gambar.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.

Data yang diambil adalah data kualitatif yaitu data hasil observasi diperoleh dari hasil pengamatan situasi pembelajaran. Serta data kuantitatif yaitu data hasil belajar diperoleh dari hasil tes.

Hasil penelitian siklus I diperoleh tuntas individu 11 orang dan tidak tuntas individu 7 orang dengan persentase daya serap klasikal 75,33% dan ketuntasan belajar klasikal 66,67%.

Hasil belajar siklus II satu siswa dinyatakan belum tuntas diperoleh presentase yaitu 94,44% dengan persentasedaya serap klasikal 85,71%.

Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Siswa Kelas IV UPT SDN 122 Leboni Kecamatan Rampi Kabupaten Luwu Utara yang merupakan Daerah Terpencil Berbantuan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA.

Untuk lebih lanjut silahkan baca disini

  • Bagikan