Kudus Banjir Akibat Hujan dan Tanggul Sungai Dawe Jebol

  • Bagikan

KUDUS, RAKYATJATENG – Tanggul Sungai Dawe di Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, jebol karena tidak mampu menahan debit air yang meningkat saat hujan turun, menyebabkan jalan dan rumah warga kebanjiran limpasan air sungai pada Selasa (30/11/2021).

​​​​​​Menurut Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Budi Waluyo, tanggul Sungai Dawe yang ada di Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo, jebol pada Selasa pukul 00.15 WIB.

Hujan dan jebolnya tanggul dengan panjang 15 meter dan tinggi sekitar satu meter di Desa Golantepus, menurut dia, membuat permukiman warga dan jalan utama desa tergenang.

Banjir juga terjadi di Desa Mejobo dan Desa Temulus. Banjir yang terjadi setelah hujan turun mengakibatkan rumah warga dan jalan desa tergenang di Mejobo dan menyebabkan jalan tergenang di Temulus.

Menurut Anggota DPRD Kudus Sadiyanto, yang tinggal di Desa Mejobo, drainase yang sudah lama mengalami pendangkalan memperparah banjir yang terjadi saat hujan deras turun.

“Saya sendiri sudah mengusulkan adanya pemeliharaan saluran melalui pandangan fraksi-fraksi saat sidang paripurna DPRD Kudus dengan harapan airnya bisa mengalir dengan lancar,” katanya.

“Kenyataannya, karena salurannya dangkal sehingga debit air yang tinggi mengakibatkan banjir. Terlebih hari ini dikabarkan ada tanggul sungai yang jebol,” ia menambahkan.

Ia berharap pemerintah daerah segera mengatasi penyebab banjir di Desa Mejobo dan daerah sekitarnya. (Antara)

  • Bagikan