Partai Gelora Jateng Luncurkan Program Tanam 10 Juta Pohon, Gandeng Santri di Banjarnegara

  • Bagikan

BANJARNEGARA, RAKYATJATENG – Partai Gelora Indonesia Jawa Tengah melaksanakan peluncuran program Tanam 10 Juta Pohon bersama para santri di Bukit Penthulu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada hari ini, Minggu (28/11/2021).

Peluncuran program ini dilakukan karena kondisi dunia terancam perubahan iklim yang diakibatkan pemanasan global. Kondisi ini memberikan dampak buruk kepada kehidupan manusia.

Dalam peluncuran program Tanam 10 Juta Pohon ini, Gelora Jawa Tengah menanam 100 pohon di Bukit Penthulu sebagai awal yang nantinya akan diikuti wilayah lain.

Bibit pohon yang ditanam terdiri dari pohon duren, pohon lemon, pohon jambu, pohon ara, alpukat, dan beberapa jenis tanaman lain yang memberikan manfaat kepada masyarakat.

Dalam kegiatan ini, Gelora Jawa Tengah mengajak para santri dari berbagai TPQ di wilayah Bukit Penthulu Banjarnegara sebagai bentuk edukasi kepada generasi penerus.

Partai Gelora Indonesia Jawa Tengah meluncurkan program Tanam 10 Juta Pohon bersama para santri di Bukit Penthulu, Kabupaten Banjarnegara, Minggu (28/11/2021).

Program Tanam 10 Juta Pohon ini adalah program nasional yang akan dilakukan hingga 1 tahun kedepan.

Di Jawa Tengah sendiri akan menanam 1 juta pohon di seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah. Setiap kader Gelora diimbau untuk menanam minimal 25 pohon yang ditanam di lingkungan rumahnya.

Dengan adanya gerakan ini, diharapkan bisa berkontribusi memperbaiki ekosistem bumi dan melawan perubahan iklim.

Ketua DPW Partai Gelora Indonesia Jawa Tengah Ahmadi mengungkapkan, kondisi lingkungan global sudah sangat mengkhawatirkan. Suhu udara dunia lebih hangat 1 dc dibanding masa pra industri, padahal batas maksimal agar tidak terjadi perubahan iklim maksimal peningkatan suhu bumi 1,5 dc, sehingga gerakan ini perlu dilakukan dengan segera.

“Jangan ditunda lagi, kita harus bergerak bersama, bahwa ancaman lingkungan ini bukan cuma persoalan masa depan, tapi juga persoalan hari ini. Pemanasan global telah membuat bumi kita lebih panas dari hari ke hari tentu sangat berbahaya. Kita harus melangkah demi anak cucu kita,” kata Ahmadi.

Ahmadi menambahkan, ancaman perubahan iklim ini akan berdampak kepada terjadinya bencana. Jawa Tengah merupakan provinsi yang memiliki titik kerawanan bencana yang cukup banyak. Untuk itu perhatian kepada lingkungan harus ditumbuhkan.

“Kita tahu bahwa Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi dengan kejadian bencana terbanyak secara nasional. Untuk itu kepedulian terhadap lingkungan harus terus ditumbuhkan kepada masyarakat, menanam pohon ini adalah salah satu cara kami untuk mengedukasi masyarakat agar mulai peduli lingkungan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua RT Warga Bukit Penthulu Banjarnegara Fauzi mengucapkan terima kasih kepada Partai Gelora Indonesia karena telah melakukan penanaman pohon di lingkungan Bukit Penthulu.

Dengan adanya penanaman ini, Bukit Penthulu lebih banyak lagi tumbuhan dengan berbagai beraneka ragam jenis.

“Terima kasih buat Partai Gelora karena telah menanam disini, semoga bibit-bibit yang telah ditanam, tumbuh subur, berbuah dan bermanfaat bagi masyarakat,” terang Fauzi.

Setelah peluncuran ini, maka selanjutnya penanaman pohon akan terus dilaksanakan di setiap kabupaten/kota hingga 1 tahun kedepan. (Sen)

  • Bagikan