Polda Jateng Kebut Vaksinasi di 53 Titik, Siapkan 49.700 Dosis Per Hari

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Guna meningkatkan kekebalan masyarakat dan mencegah penyebaran Covid-19, Polri mengawal giat vaksinasi yang dicanangkan pemerintah hingga target 100 persen tercapai.

Hari ini telah dilaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 dalam rangka vaksin Presisi Serentak. Adapun giat kali ini dilaksanakan di wilayah Polda Jateng yang digelar di RS Bhayangkara, Kota Semarang, Sabtu (27/11/2021).

Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi mengatakan, giat vaksinasi dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dan Kapolri memimpin langsung giat vaksinasi ini di Bogor.

“Dalam pelaksanaan vaksinasi serentak ini jajaran Polda Jateng menggelar di 53 titik vaksinasi yakni polres dan polsek dengan sasaran lansia, pelajar dan masyarakat umum,” tuturnya.

Kapolda menjelaskan bahwa vaksinasi menyasar kurang lebih 35.054 orang warga di Jateng. Adapun vaksinasi ini dipusatkan di RS Bhayangkara dengan jenis Sinovac, Moderna dan Pfizer.

“Capaian vaksinasi Polri saat ini 2,2 juta, sedangkan jatah vaksinasi Polda Jateng 49 ribu yang disebar di jajaran polres dengan harapan dapat selesai. Capaian vaksinasi di Jateng mencapai 70,20 persen, ditargetkan di akhir Desember dapat selesai dan tercapai. Vaksinasi akan terus dilakukan secara maksimal,” terangnya.

Menurut Kapolda, capaian vaksinasi aglomerasi di wilayah Semarang raya 88,85 persen dan capaian di aglomerasi wilayah Solo Raya telah mencapai 102,34 persen.
Untuk itu Polda Jateng akan terus melakukan vaksinasi agar target herd immunity tercapai di akhir Desember.

“Vaksinasi terus akan dilakukan Polda Jateng untuk membantu tercapainya pemerintah pusat dan Jateng dalam capaian vasksinasi,” jelasnya.

Kapolda mengharapkan kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan meskipun pelaksanaan vaksinasi terus berjalan.

Sementara itu target vaksinasi serentak per hari yakni untuk vaksinasi Nasional mencapai 2.300.000 dosis, Polda Jateng mencapai 49.700 dosis, sedangkan Provinsi Jateng 248.502 dosis.

Sementara Kabidokkes Polda Jateng, Dr dr Sumy Hastry, Sp F menekankan komitmen guna mendukung target pencapaian vaksinasi oleh pemerintah.

“Tidak ada hari libur bagi tim vaksinator. Tiap hari kita keliling ke wilayah-wilayah yang belum terjangkau di Jateng,” ungkapnya.

Di RS Bhayangkara sendiri, tambah Dr Hastry, masyarakat dipersilakan hadir untuk vaksin. Vaksin yang disediakan per hari adalah 500 dosis.

“Pakai surat pengantar atau tidak, silakan hadir. Untuk usia minimal 18 tahun,” terangnya. (Sen)

  • Bagikan