Ketua DPRD Sragen: Gua Pangeran Mangkubumi Layak Dikembangkan

  • Bagikan

SRAGEN, RAKYATJATENG – Keberadaan gua persembunyian Pangeran Mangkubumi di Desa Gebang, Kecamatan Masaran cukup menarik perhatian Ketua DPRD Sragen, Suparno.

Demi pengembangan wilayah kawasan tersebut, dia siap mendorong dengan infrastruktur jalan. Diharapkan perekonomian kawasan sekitar ikut berkembang.

Suparno mengungkapkan, dalam pembangunan infrastruktur tersebut tetap menggandeng dan mendengarkan masukan masyarakat.

”Saya berikan bantuan paving akses menuju tempat wisata yang punya cerita sejarah tersebut,” jelas Suparno, kemarin.

Dia menambahkan, dengan diperbaiki, kedepan bisa menggandeng kelompok seni dan budaya. Mereka bisa menggelar acara di lokasi yang pernah disinggahi pangeran Mangkubumi itu. Selain itu konon lokasi juga dipakai untuk semedi.

Dia menjelaskan ada makam kuno yang disebut-sebut bagian dari prajurit Pangeran Mangkubumi. Lantas akan dikemas sedemikian rupa tanpa mengurangi kesakralan sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

”Bisa dibilang ada rangkaian sejarah berdirinya Kabupaten Sragen, perlu dilestarikan agar masyarakat tahu jejak perjalanan beliau,” ujarnya.

Namun masih banyak di benak masyarakat yang perlu dikerjakan, sehingga memiliki daya tarik. Seperti diinginkan adanya perahu, mengingat lokasi juga tidak jauh dari sungai. Tapi kelestarian alam juga harus terjaga.

”Hilir ada DAM yang bisa meningkatkan debit air. Sehingga bisa untuk wisata,” jelasnya.

Suparno siap menghadirkan perahu di lokasi tersebut. Dengan gotong royong melibatkan masyarakat, diharapkan segera terwujud.

”Saya materialnya, masyarakat tenaganya kita yakin bisa terwujud. Tapi tidak bisa langsung, harus bertahap dan kontinyu,” bebernya. (din/adi/dam/JPC)

  • Bagikan