Gulung RKC Waalwijk 5-0, Ajax Puncaki Klasemen Liga Belanda

November 22, 2021

Gelandang serang Ajax Steven Berghuis (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang RKC Waalwijk dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Mandemakers, Waalwijk, Belanda, Minggu (21/11/2021) waktu setempat. (ANTARA/AFP/ANP/Olaf Kraak)

RAKYATJATENG – Ajax mengamankan kembali posisi puncak klasemen Liga Belanda setelah menggulung RKC Waalwijk 5-0 dalam laga pekan ke-13 di Stadion Mandemakers, Minggu (21/11/2021).

Sebastien Haller dan Steven Berghuis sama-sama mencetak dua gol yang dilengkapi sumbangan satu gol Jurrien Timber.

Tim besutan Erik ten Hag sempat digusur PSV Eindhoven yang main sehari lebih awal. Sama-sama mengoleksi 30 poin, Ajax unggul jauh atas PSV dalam selisih gol.

Sedangkan RKC yang kini sudah tiga pertandingan tanpa pernah menang, melorot ke urutan ke-15 dengan sebelas poin, demikian catatan laman Liga Belanda.

Setelah menutup dua laga terakhir menjelang jeda internasional dengan skor kacamata, Ajax langsung tancap gas membombardir pertahanan tuan rumah.

Hasilnya pada menit ke-17 mereka membuka keunggulan melalui tandukan Haller yang menyelesaikan umpan silang kiriman Dusan Tadic.

RKC sendiri dua kali memaksa kiper Remko Pasveer menyelamatkan gawang Ajax dari tembakan jarak jauh Ahmed Touba dan sundulan Michiel Kramer.

Ajax menutup babak pertama dalam keadaan unggul 2-0 atas RKC berkat sontekan jarak dekat Berghuis yang memanfaatkan operan Daley Blind hanya tiga menit menjelang turun minum.

Tujuh menit memasuki babak kedua, Antony Matheus menyarangkan bola ke gawang tuan rumah, tapi belakangan dianulir oleh VAR karena offside.

Ajax menambah keunggulan mereka pada menit ke-57 saat Berghuis sigap menyambar bola muntah hasil tembakan Haller yang tak dihentikan sempurna oleh kiper Etienne Vaessen.

Timber kemudian mencetak gol keempat Ajax pada menit ke-74 dari sepak pojok, lantas Haller melengkapi kemenangan tim tamu menjadi 5-0 lewat gol kedua tujuh menit menjelang bubaran waktu normal.

Komentar

VIDEO TERKINI