Wonogiri Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana, Waspada Cuaca Ekstrem

November 19, 2021

WONOGIRI, RAKYATJATENG – Menghadapi kondisi cuaca ekstrem yang terjadi di sebagian besar Pulau Jawa, Pemkab Wonogiri menggelar Apel dan Sarasehan Kesiapsiagaan Bencana, Kamis (18/11/2021).

Apel yang dipimpin langsung oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo itu, digelar di Alun-alun Giri Kridha Bhakti dengan protokol kesehatan yang ketat.

Bupati Wonogiri mengatakan, tidak seorangpun yang mengharapkan terjadinya bencana. Namun, apabila bencana itu terjadi, seluruh komponen, termasuk masyarakat, dituntut siap menghadapi dengan sigap dan bijaksana.

“Bencana tentu tidak kita inginkan terjadi, akan tetapi, sikap waspada dan siaga perlu selalu dikedepankan, karena potensi kebencanaan dapat muncul setiap waktu. Dan kesiapan dalam menghadapinya, sangat penting demi menghindari jatuhnya korban jiwa, atau kerusakan yang menimbulkan kerugian berupa harta atau benda,” ujarnya.

Diakui, wilayah Kabupaten Wonogiri merupakan daerah dengan poin potensi bencana alam sangat tinggi, baik di musim kemarau maupun hujan.

“Ini merupakan konsekuensi dari letak geografis Kabupaten Wonogiri yang berada di zona merah bencana alam. Segenap perangkat pemerintahan memiliki kewajiban yang sama untuk bersinergi dalam penanganan bencana alam, diawali dengan membangun kesadaran untuk tetap hidup dengan aman di wilayah zona merah bencana alam,” imbuh bupati.

Sesuai data kebencanaan, kata Jekek, sapaan akrabnya, bencana yang terjadi di Kabupaten Wonogiri menunjukkan kecenderungan yang menurun, baik dalam jumlah maupun kerugian akibat bencana.

Data 2020 mencatat 93 kejadian bencana dengan total kerugian mencapai Rp1.287.100.000. Pada 2021, hingga awal November tercatat tujuh kejadian bencana dengan taksiran nilai kerugian sebesar Rp22.000.000.

Jekek juga mengapresiasi hadirnya para relawan di berbagai organisasi masyarakat dan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) hingga ke tingkat desa/ kelurahan dalam penanganan bencana alam. Hal itu membuat kondisi tangguh bencana semakin kuat di Kabupaten Wonogiri.

Komentar

VIDEO TERKINI