Pangdam Diponegoro: Kita Harus Bersinergi Tanpa Pandang Bulu

  • Bagikan

PEKALONGAN, RAKYATJATENG – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto menjadi narasumber dalam acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) Ulama, Umara TNI-Polri dan Tokoh Lintas Agama di Gedung Djunaid Convention Center, Jalam Pelita, Kelurahan Buaran Karasidenan, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kamis (18/11/2021).

Pangdam datang mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Dengan tema “Peran Ulama dalam menjalin sinergitas Ulama, Umara, TNI-Polri dan Tokoh Lintas Agama Guna Memperkokoh NKRI”, silaturahmi tersebut merupakan gagasan kelanjutan dari pertemuan sebelumnya yang dilaksanakan di Kodam IV/Diponegoro belum lama ini.

Pangdam mengatakan, terkait dengan Al-Qur’an Surat Al Hujurat ayat-13 tentang suku, bangsa maupun ras, Indonesia memiliki ciri yang sangat kuat. Dengan 17.000 pulau, suku yang lebih dari 1.000, bahasa yang beraneka ragam dan penduduknya sebanyak 272.229.372 jiwa.

“Kita bersuku-suku berbangsa-bangsa adalah Indonesia dan ini adalah anugerah dari Allah SWT,” katanya.

Berkaitan dengan kekayaan budaya serta alam yang ada di Indonesia, ancaman yang dihadapi juga besar, baik dari luar maupun dari dalam. Termasuk radikalisme, separatisme, terorisme, narkoba, suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA), cyber serta bencana alam yang dapat timbul di setiap wilayah Nusantara. Jika tidak dirawat bersama akan menimbulkan potensi-potensi ancaman di masa yang akan datang.

Guna mengatasi ancaman-ancaman tersebut, Pangdam mengajak kepada seluruh elemen untuk saling bekerjasama tanpa terkecuali dengan menerapkan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta.

“Seluruh bangsa kita harus bersatu, seluruh bangsa kita harus bersinergi tanpa pandang bulu. Kuncinya adalah sinergitas, bersama kita bisa ‘together we can’, kita bersama-sama mengisi kemerdekaan Indonesia,” pesannya.

Melalui kegiatan tersebut, Pangdam juga membuka sesi tanya jawab kepada peserta yang hadir sebagai bentuk pencerahan, edukasi maupun pemberian informasi seputar sinergitas TNI dengan seluruh elemen masyarakat dan fungsi TNI sebagai garda terdepan dalam menegakkan kedaulatan NKRI.

Turut hadir dalam acara tersebut Dr (HC) Maulana Habib Muhammad Lutfi Bin Ali Bin Yahya, Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi, Pejabat Mabes Polri Brigjen Pol Drs Naufal Yahya, Asintel Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Inf J A Krismadi, Kabintaldam IV/Diponegoro Letkol Caj Drs Tauhid, Dandim 0710/Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan serta para Kapolres Jajaran eks Wil Pekalongan, Kepala FKUB Kota Pekalongan Drs H Marzuki dan Forkopimda Kota Pekalongan. (Sen)

  • Bagikan