Spanyol Lolos ke Putaran Final Piala Dunia 2022

November 15, 2021

Penyerang tim nasional Spanyol Alvaro Morata (kiri) menyontek bola memperdaya kiper Swedia Robin Olsen untuk mencetak gol kemenangan dalam laga pemungkas Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion La Cartuja, Sevilla, Spanyol, Minggu (14/11/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Marcelo del Pozo)

RAKYATJATENG – Alvaro Morata mengantarkan tim nasional Spanyol ke putaran final Piala Dunia 2022 seusai gol semata wayangnya mengunci kemenangan 1-0 atas Swedia dalam laga pemungkas Grup B kualifikasi zona Eropa di Stadion La Cartuja, Sevilla, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Morata membuat kelolosan Spanyol itu cukup dramatis sebab penyerang Juventus itu baru mencetak golnya empat menit jelang bubaran waktu normal.

Berawal dari tembakan jarak jauh spektakuler Dani Olmo yang membentur mistar gawang, bola muntah berhasil disambar secara sigap oleh Morata untuk memperdaya kiper Robin Olsen dengan sontekan jarak dekat.

Kemenangan itu pantas diraih Spanyol yang memang tampil dominan dengan 72 persen penguasaan bola sepanjang laga dan melepaskan 12 percobaan tembakan yang empat di antaranya menemui sasaran.

Swedia bukannya tanpa perlawanan, sebab mereka berusaha delapan kali melakukan delapan tembakan tapi sayang tak satu pun tepat sasaran ke gawang tuan rumah.

Hanya butuh hasil imbang untuk mengunci tiket putaran final, Spanyol memantapkan langkah mereka dengan menjuarai Grup D berbekal koleksi 19 poin.

Sementara Swedia finis sebagai runner-up Grup D dengan 15 poin dan harus melalui fase playoff bila ingin menyusul Spanyol ke Qatar, demikian catatan laman resmi UEFA.

Dalam rangkaian pertandingan pemungkas Grup B lainnya, tuan rumah Yunani ditahan imbang Kosovo 1-1 di Stadion Olimpiade Athena.

Yunani memimpin lebih dulu semenit jelang turun minum lewat gol Giorgos Masouras, tetapi tim tamu mampu membalas lewat sontekan jarak dekat Amir Rrahmani pada menit ke-76.

Kendati demikian, posisi kedua tim tak berubah di klasemen akhir Grup D. Yunani menempati urutan ketiga dengan 10 poin dan Kosovo tetap sebagai juru kunci dengan lima poin.

Komentar

VIDEO TERKINI