Liga 1 Tetap Berjalan saat Piala AFF 2020, Kata Dirut LIB

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATJATENG – Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan bahwa Liga 1 2021-2022 tetap berjalan saat Piala AFF 2020 berlangsung mulai Desember 2021.

Akhmad Hadian menyebut bahwa hal itu sudah disepakati oleh semua klub Liga 1 pada rapat manajer (manager meeting) pada Jumat (5/11).

“Liga 1 jalan terus bersamaan dengan Piala AFF. Ketika manager meeting dibahas apakah Liga 1 mau dihentikan atau tidak. Ternyata, klub sepakat Liga 1 tetap berjalan dengan catatan jumlah pemain dari setiap tim yang bisa ditarik ke tim nasional maksimal dua orang,” ujar pria asal Jawa Barat tersebut, Senin (8/11/2021), dikutip dari Antara.

Menurut Akhmad Hadian, hal tersebut juga sudah disepakati oleh PSSI yang pada rapat manajer itu diwakili oleh Wakil Ketua Umum Iwan Budianto dan Sekjen Yunus Nusi.

Namun, untuk turnamen atau pertandingan resmi FIFA, PSSI bisa memanggil sekitar tiga pemain dari setiap tim Liga 1. Hal tersebut lantaran adanya kewajiban untuk meliburkan kegiatan liga saat adanya aktivitas timnas di agenda FIFA. Seperti diketahui, Piala AFF bukanlah bagian dari agenda FIFA.

“Kalau kegiatan liga lagi kosong bisa tiga pemain (dari setiap tim) yang ke timnas,” kata Akhmad Hadian.

Di Piala AFF 2020, Indonesia akan memulai pertandingan kontra Kamboja pada 9 Desember 2021. Skuad Garuda tergabung dalam Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Laos dan Kamboja.

Berikutnya Indonesia menghadapi Laos pada 12 Desember 2021, Vietnam tiga hari kemudian dan Malaysia pada Minggu 19 Desember 2021.

Semua laga timnas Indonesia, yang dilatih Shin Tae-yong, berlangsung di Stadion Bishan, Singapura. Piala AFF 2020 memang digelar secara terpusat lantaran pandemi COVID-19.

Adapun Grup A Piala AFF 2020 dihuni Thailand, Myanmar, Filipina, Singapura dan Timor Leste. Timor Leste masuk ke putaran final karena Brunei Darussalam mengundurkan diri dari kompetisi. (Antara)

  • Bagikan