Seleksi Pejabat Eselon II Pemkot Surakarta, Pendaftaran Ditutup Besok

November 1, 2021

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka saat berinteraksi dengan sejumlah pejabat ASN usai upacara di Balai Kota Surakarta beberapa waktu lalu. (RADAR SOLO PHOTO)

SOLO, RAKYATJATENG – Seleksi pendaftaran kursi jabatan tinggi atau pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta mulai dibuka sejak Selasa (27/10) hingga Selasa besok (2/11).

Ini dilakukan mengingat sembilan kursi pejabat setingkat kepala OPD (organisasi perangkat daerah) dan satu kursi staf ahli kosong sejak akhir tahun lalu.

Sekadar informasi, banyaknya aparatur sipil negara (ASN) yang pensiun memberikan ruang pada ASN lainnya untuk mengisi kekosongan jabatan itu.

Sembilan kursi kepala OPD itu antara lain kepala badan pengelolaan keuangan dan aset daerah (BPKAD), dan kepala badan penelitian dan pengembangan daerah (Bappeda), kepala badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia (BKPSDM), kepala badan kesatuan bangsa dan politik (bakesbangpol), kepala dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP), kepala dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR), kepala dinas koperasi, usaha kecil, menengah dan perindustrian (diskop UKM dan Perin), kepala dinas tenaga kerja (disnaker), kepala dinas ketahanan pangan dan pertanian (DKPP) dan staf ahli bidang keuangan dan pembangunan.

“Pendaftaran seleksi terbuka dan kompetitif. Proses seleksinya ditargetkan rampung di akhir November nanti. Harapannya pejabat terpilih bisa dilantik awal Desember sebelum pelaksanaan susunan organisasi tata kelola (SOTK) OPD yang baru,” terang Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Surakarta, Hari Prihatno.

Dalam sepekan proses pendaftaran, pihaknya mulai menerima pendaftaran. Setelah pendaftaran, seleksi administratifdan verifikasi akan dilakukan sebelum akhirnya diassesment oleh panitia. Selanjutnya dilakukan uji gagasan dan pengumuman tiga besar sebelum akhirnya dilanjutkan ke proses wawancara hingga tes kesehatan.

“Pansel jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pratama tersebut terdiri lima orang, yang diketuai akademisi dari STIE AUB Anwar Hamdani. Kemudian anggota terdiri dari akademisi asal Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Tuhana, kemudian unsur perwakilan masyarakat Budi Yulistianto, sekretaris daerah (Sekda) Solo, Ahyani dari unsur pemerintah, serta Lilik Joko Saptyanto dari inspektorat,” kata dia.

Komentar

VIDEO TERKINI