Imigrasi Kelas I Surakarta Ciptakan 5 Aplikasi Mudahkan Pelayanan Publik

Oktober 29, 2021

SURAKARTA, RAKYATJATENG – Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas 1 Surakarta membuat gebrakan inovasi dengan menciptakan sejumlah aplikasi penunjang pelayanan kepada masyarakat.

Lima aplikasi itu adalah Sinta Wardana, MiskaGO, E-Perdim, E-Billing, dan Miska Drive Thru.

Kepala Imigrasi Kelas 1 Surakarta, Dwi Anandita H menjelaskan, Sinta Wardana atau Sistem Integrasi Data Kewarganegaraan Ganda di Kantor Imigrasi Surakarta merupakan sistem yang bertujuan untuk mempermudah akses data anak berkewarganegaraan ganda secara aman bagi pegawai dan masyarakat.

“Meliputi akses pegawai, data anak berkewarganegaraan ganda, notifikasi anak berkewarganegaraan ganda yang harus memilih kewarganegaran (usia 18-21 tahun), dan pelaporan data anak berkewarganegaraan ganda,” kata Dwi Anandita H saat peresmian sejumlah aplikasi tersebut di Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta, Jumat (29/10/2021).

Turut hadir di acara tersebut, Kakanwil Kemenag Jateng A Yuspahruddin, Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto, Sekda Kota Surakarta Ahyani, tokoh agama Abdul Muiz Sihabuddin AH dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Selanjutnya, MiskaGO merupakan rintisan superapp pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas 1 Surakarta.

MiskaGO yang sudah tersedia di playstore ini memiliki berbagai fitur untuk membantu masyarakat dalam pelayanan paspor maupun izin tinggal warga negara asing (WNA).

MiskaGO juga menyediakan bermacam-macam informasi keimigrasian. Mulai dari informasi umum, informasi paspor, hingga informasi izin tinggal.

“Untuk permohonan paspor, ada menu pengecekan status paspor dan pendaftaran pengambilan paspor secara drive thru,” terangnya.

Berikutnya, Miska Drive Thru yaitu inovasi pengambilan paspor tanpa perlu turun dari kendaraan melalui loket khusus.

Dengan sistem drive thru antara lain dapat mengantisipasi ledakan Covid-19 gelombang 3.

Selain itu, dengan inovasi drive thru, masyarakat diberikan kemudahan pengambilan paspor di masa pandemi tanpa banyak berinteraksi dengan petugas. Untuk mendapatkan layanan ini, masyarakat cukup mendaftar melalui aplikasi MiskaGO.

Komentar

VIDEO TERKINI