Bertugas Jaga Perdamaian di Afrika Tengah, Personel Polda Jateng Kembali ke Tanah Air

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Personel Polda Jateng yang menjadi pasukan United Nations Multidimensional Integrated Stabilization Mission in the Central African Republic (MINUSCA) telah kembali ke Indonesia.

Mereka membawa pengalaman yang didapat selama bertugas menjalankan misi perdamaian bersama PBB di Republik Afrika Tengah.

Komandan Platoon Squad, Iptu Sholihan menuturkan anggota Polda Jateng yang diberangkatkan dan tergabung dalam pasukan MINUSCA terdiri atas 6 anggota Korps Brimob serta 3 anggota dari jajaran Polres.

Kesembilan personel Polda Jateng yang diberangkatkan dan tergabung dalam pasukan perdamaian bersama PBB ini memiliki fungsi dan keahlian masing-masing.

Selama berada di medan tugas, mereka mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi dimana mereka ditempatkan, dapat berkomunikasi dengan baik dengan sesama personel lainnya.

Keterlibatan anggota Polda Jateng dalam misi perdamaian tersebut menjadi kebanggaan tersendiri, karena anggota kepolisian dari Asia yang terlibat hanya dari negara Indonesia dan Nepal.

“Kami orang Indonesia bertugas di luar negeri sangat bangga sekali. Karena tidak semua orang bisa berangkat atau mendapatkan kesempatan yang sama,” ujarnya, Rabu (20/10/2021).

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menambahkan, para personel anggota Polda Jateng yang telah selesai menjalankan misi perdamaian PBB di Afrika Tengah tersebut sebelumnya telah melaksanakan karantina sesuai protokol kesehatan di wisma atlet selama 8 hari.

“Sekarang sudah selesai dan bisa kembali ke keluarganya serta kesatuannya masing-masing,” katanya.

Polda Jateng rencananya kembali melakukan seleksi anggotanya yang akan dikirim untuk menjadi pasukan perdamaian PBB.

“Anggota harus mempunyai kualifikasi tertentu yang dibutuhkan menjadi pasukan perdamaian PBB,” tambah Kabidhumas. (Sen)

  • Bagikan