Ratusan Ribu Vaksin Pfizer dan AstraZeneca Tiba di Indonesia

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATJATENG – Ratusan ribu dosis vaksin Pfizer dan AstraZeneca tiba di Indonesia hari ini, pada kedatangan vaksin tahap ke-89 dan 90.

“Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, setiap vaksin yang datang, harus segera didistribusikan, lalu disuntikkan kepada masyarakat. Agar makin cepat masyarakat disuntik, makin terlindungi kita dari COVID-19,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong, dalam keterangan pers, Kamis (14/10/2021).

Kedatangan vaksin tahap ke-89 berupa 601.380 dosis Pfizer, sementara tahap ke-90, yang juga datang hari ini, berupa 672.600 dosis vaksin AstraZeneca.

Total vaksin Pfizer yang sudah datang ke Indonesia per 14 Oktober berjumlah 16,3 juta dosis.

Total vaksin yang sudah sampai di Indonesia dari berbagai merk, baik dalam bentuk jadi maupun bahan baku, berjumlah 282.490.700 dosis.

Vaksin Pfizer yang datang hari ini berupa vaksin jadi dan langsung didistribusikan ke delapan provinsi, yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku, Sulawesi Barat dan Jawa Barat.

Usman mengatakan peningkatan capaian vaksinasi di daerah menjadi elemen penting untuk membangun herd immunity atau kekebalan kelompok.

Untuk mencapai kekebalan kelompok, percepatan dan perluasan program vaksinasi adalah mutlak untuk dilakukan di semua daerah.

Percepatan dan perluasan program vaksinasi ini membutuhkan ketersediaan stok vaksin.

Berbarengan dengan program vaksinasi, Usman mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan. (Antara)

  • Bagikan