Danrem Warastratama Minta Babinsa Lakukan Pendampingan Pelaku UMKM

Oktober 12, 2021

SURAKARTA, RAKYATJATENG – Danrem 074/Warastratama Surakarta, Kolonel Inf Rudy Saladin M.A memerintahkan Babinsa untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat khususnya di wilayah binaannya dalam membantu meningkatkan percepatan ekonomi. Terutama bagi masyarakat yang bergerak di sektor UMKM.

Menurut Danrem, dalam situasi pandemi Covid-19 banyak pelaku UMKM yang terdampak langsung. Apalagi pelaku UMKM yang masih berjualan dengan gaya konvensional. Seperti dijajakan dari warung ke warung.

“Saya berpikir bagaimana peran kita sebagai satuan kewilayahan membantu UMKM di wilayah masing-masing. Salah satu upayanya mengoptimalkan Babinsa dengan memberikan pendampingan dan penyuluhan,” ujar Danrem, Senin (11/10/2021).

“Saya sudah berkordinasi dengan Kepala Bank Jateng wilayah Eks Karesidenan Surakarta. Saya titip Babinsa saya untuk pembekalan dan alhamdulillah hari ini secara resmi telah dilaunching Babinsa penyuluh UMKM berbasis digital,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Korem 074/Warastratama dengan PT BPD Jateng Cabang Koordinator Surakarta.

Penandatangan dilakukan oleh Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rudy Saladin dan Pimpinan Bank Jateng Cabang Koordinator Surakarta Djaka Nur Sahid, serta disaksikan oleh Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Selanjutnya para Babinsa yang sudah mendapatkan materi, akan diterjunkan ke masyarakat dan membantu mengupgrade UMKM yang belum masuk platform digital sampai masuk ke marketplace. Mulai pembukuan, branding, hingga packaging serta marketing akan diajarkan. Danrem juga sudah berkomunikasi dengan para pemilik marketplace untuk membantu pelaku UMKM.

Usai acara launching, Danrem 074/Warastratama beserta Walikota Surakarta didampingi Pimpinan Bank Jateng Cabang Koordinator Surakarta dan para pimpinan cabang Bank Jateng se-Solo Raya meninjau pelaksanaan pelatihan UMKM Babinsa di ruang CoWorking Space, Kantor Bank Jateng Slamet Riyadi Surakarta. (Sen)

Komentar

VIDEO TERKINI