Instagram Pemkot Surakarta Diretas, Gibran: Tidak Usah Lapor Polisi

Oktober 10, 2021

SOLO, RAKYATJATENG – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka telah mengetahui bahwa akun resmi Instagram (IG) pemkot telah diretas. Kejadian tersebut telah dilaporkan ke Facebook, tapi tidak diteruskan ke kepolisian.

“Sudah dilaporkan ke Facebook, cukup. Ngopo (kenapa) lapor polisi, ora usah (tidak usah). Facebook wae wes cukup (lapor Facebook saja sudah cukup),” kata Gibran di sela kunjungan kerja di Kelurahan Tipes, Sabtu (9/10/2021).

Meski begitu, diretasnya akun IG pemkot ini tetap menjadi evaluasi internal. “Antisipasinya ya paling penguatan di password-nya. Kata sandinya harus sering diganti. Password emailnya juga. Nanti biar dikeloka Kominfo (Diskominfo Kota Surakarta),” ujar wali kota.

Akun IG pemkot sudah kembali normal pada pukul 09.50. Namun selang beberapa waktu kemudian, akun IG kembali diretas. Dan akhirnya akun instagram Pemkot untuk sementara dinonaktifkan untuk pengamanan lebih lanjut.

Untuk diketahui, IG Pemkot Surakarta diretas dan unggahannya menjadi tidak biasa. Captionnya pun tak kalah aneh.

Hacker tidak hanya mengunggah postingan di feed IG. Tapi juga instastory.

Beberapa netizen mengomentari unggahan aneh tersebut. Mayoritas mengatakan akun IG Pemkot Surakarta telah dibajak. Beberapa netizen lainnya justru mengomentari tentang meme yang diunggah.

Terhitung ada puluhan unggahan aneh yang sempat berada di feed IG Pemkot Surakarta. Tiap unggahan dikomentari ratusan netizen. Beberapa di antaranya ada akun bot yang ikut mengomentari. (atn/wa/dam/JPC)

Komentar

VIDEO TERKINI