PCTA Indonesia Gelar Seminar Kebangsaan, Kombes Langgeng Jelaskan Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila

Oktober 9, 2021

SEMARANG, RAKYATJATENG – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persaudaraan Cinta Tanah Air (PCTA) Indonesia Provinsi Jawa Tengah menggelar seminar kebangsaan secara daring.

Kegiatan yang diselenggarakan melalui zoom meeting itu menghadirkan narasumber antara lain Analis Kebijakan Biro Dalpers SSDM Polri Kombes Pol Langgeng Purnomo, SIK.MH, Senat Universitas Bung Karno Dr Soenarto, Direktur Perencanaan dan Kerja Sama Pendidikan dan Pelatihan, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI Sadono Sriharjo.

Seminar yang digelar di Joglo Prambanan, Jalan Candi Prambanan, Kalipancur Semarang, Jumat (8/10/2021) malam dibuka langsung oleh Ketua Umum DPP PCTA Indonesia I Dewa Nyoman S Hartana. Pada pembahasan itu mengangkat tema, “Dengan Manunggalnya Keimanan dan Kemanusiaan Kita Faktakan Cinta Tanah Air Indonesia Berdasarkan Pancasila”.

Ketua DPD PCTA Indonesia Jawa Tengah, Untung Anas Rosadi, S.Sos, menjelaskan, melihat kondisi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sekarang ini di tengah pandemi Covid-19, setiap warga diuji kesadarannya untuk saling membantu guna menguatkan satu sama lain.

“Namun tentu di tengah pandemi ini ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menggempur kesatuan dan persatuan warga negara serta memudarkan jatidiri bangsa dengan membuat saling tidak percaya satu dengan yang lain. Karena itu, menjadi perhatian yang mendalam bagi kami selaku warga yang selalu mengusung jargon “NKRI harga haqqul yakin”,” katanya.

Untuk itu, DPD PCTA Indonesia mengadakan seminar kebangsaan, yang dirangkaikan dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Dalam seminar kebangsaan itu, Analis Kebijakan Biro Dalpers SSDM Polri Kombes Pol Langgeng Purnomo, menjelaskan bahwa untuk memahami Pancasila supaya sampai pada taraf aktualisasi, maka harus dengan rasa, tidak hanya dengan pengetahuan.

Komentar

VIDEO TERKINI