Jadi Dewan Kehormatan PMI Jateng, Gus Yasin Siap Jalankan Arahan JK

Oktober 9, 2021

SEMARANG, RAKYATJATENG – Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, usai dilantik menjadi Dewan Kehormatan Palang Merah Indonesia (PMI) Jateng mengatakan siap untuk melakukan arahan Jusuf Kalla, terkait ikut bersinergi dalam menangani kebencanaan.

Hal tersebut ia sampaikan usai dilantik menjadi Dewan Kehormatan PMI Jateng oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Jumat (8/10/2021).

“Jadi bukan hanya menanggulangi donor darah saja, tetapi kebencanaan juga kita siap,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Gus Yasin itu juga mendapat arahan dari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo untuk bersiap-siap melakukan penanganan kebencanaan, mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan.

“Dan juga sesuai arahan pak Gub, ini sudah bulan Oktober untuk siap-siap menangani kebencanaan. Tapi semoga tidak ada (bencana),” harapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengingatkan agar jajarannya menjalankan dua tugas pokok yang ia berikan.

“Tugas PMI yang pertama, melakukan donor darah dan ini sudah berjalan hingga mencapai 5 juta kantong per tahun, ini cukup besar. Kedua adalah penanganan bencana, dan ini tentu menjadi tugas kita bersama-sama,” ucapnya.

Jusuf Kalla menambahkan, PMI harus siap bekerja jangka panjang. Baik sesuai dengan yang dibutuhkan maupun tuntas hingga akhir.

“Pandemi Covid-19 adalah bencana yang besar, namun para ahli-ahli mengatakan akan muncul bencana yang lebih besar lagi yaitu perubahan iklim,” lanjutnya.

Menurutnya, adanya perubahan iklim menyebabkan bencana dimana-dimana, seperti banjir yang terjadi di beberapa negara.

“Itu adalah bencana besar yang akan melanda dunia ini, kalau kita tidak siap menangani. Untuk itu, kita harus siap menangani,” ungkap Jusuf Kalla. (Sen)

Komentar

VIDEO TERKINI