Uniknya Bakso dan Mi Ayam Degan Klaten, Hadirkan Cita Rasa Baru

Oktober 3, 2021

GURIH CAMPUR MANIS: Bakso dan mi ayam degan Klaten hasil racikan Heni Saraswati hadirkan cita rasa baru. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

KLATEN, RAKYATJATENG – Pecinta bakso dan mi ayam wajib mencoba kuliner unik di Klaten ini. Yakni bakso-mi ayam yang disajikan di kelapa muda alias degan. Cita rasanya gurih bercampur manis.

Jika biasanya bakso dan mi ayam disajikan pada sebuah mangkuk, kali ini menggunakan degan sebagai wadahnya. Bahkan air degan itu dijadikan bahan campuran kuah bakso dan mi ayam tersebut.

Lokasinya di Jalan KH Samanhudi, Kelurahan Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah. Warung itu dikelola Heni Saraswati, 30, yang sudah berjualan selama lima tahun ini. Tetapi untuk menu bakso dan mi ayam degan baru ada sekitar 1 tahun terakhir.

Saraswati menceritakan, ide awal melahirkan menu baru itu dari mencoba meracik sendiri. Saat itu belum dimasukan dalam daftar menu yang dimilikinya. Tetapi tiba-tiba ada pelanggannya yang memesan bakso dan mi ayam degan, sehingga seketika meraciknya.

Komposisi dari bakso degan terdiri dari mi putih, mi kuning, potongan sawi, seledri dan bawang goreng. Di dalamnya ada beberapa bakso dengan berbagai varian seperti bakso sapi, bakso bercita rasa ikan, cumi, lobster, telur puyuh, pangsit dan tetelan daging sapi.

Sementara komposisi mi ayam degan terdiri dari mi, daging ayam, acar dan pangsit. Air kelapa muda tidak digunakan semuanya untuk campuran kuah. Tetapi hanya setengah saja. Sedangkan setengah dari air kelapa muda itu disajikan berupa minuman.

”Awalnya saya ragu dengan dua menu ini. Tetapi semakin memantapkan diri setelah pelanggan suka. Sejak itu saya memasukan dalam daftar menu,” ucap Saraswati ditemui Jawa Pos Radar Solo di warungnya, Jumat (1/10).

Komentar

VIDEO TERKINI