Lestarikan Warisan Adiluhung, Balut Mobil Mewah dengan Motif Batik

Oktober 3, 2021

SOLO, RAKYATJATENG – Ikut merayakan Hari Batik Nasional yang diperingati tiap 2 Oktober, Mercedes-Benz Owner Club (MOC) Indonesia Solo menggandeng Jawa Pos Radar Solo membagikan 1.000 masker batik ke masyarakat sekitar Sriwedari, Sabtu (10/2/2021).

Dalam masker batik tersebut terselip ucapan Selamat Hari Batik. Tujuannya, mengingatkan warga Kota Bengawan bahwa batik adalah warisan budaya dunia yang wajib dilestarikan.

“Solo terkenal sebagai Kota Batik. Kita punya Kampung Batik Laweyan sebagai ikonnya. Nah, di momentum Hari Batik Nasional ini, sebagai wong Solo wajib berbuat sesuatu agar batik sebagai budaya adiluhung tidak punah. Bahkan diklaim negara lain,” tegas Dewan Pertimbangan MOC Indonesia Solo Heru S. Notonegoro.

Tidak hanya berbagi masker batik, MOC Indonesia Solo juga memajang tiga mobil Mercedes-Benz yang seluruh bodinya berbalut stiker motif batik, yakni parang, kawung, dan mega mendung.

Tiga mobil mewah itu terparkir di halaman kantor redaksi Jawa Pos Radar Solo dan tentu saja menarik perhatian pengguna jalan serta warga setempat. Tak sedikit yang mendekat guna mengamati lebih detail keunikan motif batik.

“Ini cara kami mengenalkan motif batik kepada anak-anak muda. Out of the box. Mungkin selama ini masih banyak anak muda yang menganggap batik itu kuno. Dengan motif batik yang dipasang di mobil ini, harapannya menggugah mereka ikut aktif melestarikan batik,” beber Heru.

Proses penempelan stiker motif batik di tiga mobil mewah tersebut cukup singkat, hanya semalam. Pemilihan tiga motif batik itu juga bukan tanpa alasan. Selain makna filosofinya, motif itu paling cantik saat ditempel di mobil. Heru menyebut beberapa motif batik lainnya sempat dijajal, tapi nampak kurang cocok.

Komentar

VIDEO TERKINI