Launching ‘Jamu Kuat’, PTA Semarang Gandeng Pemprov Jateng

Oktober 1, 2021

SEMARANG, RAKYATJATENG – Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Semarang menggandeng Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk memberi kemudahan layanan di bidang hukum kepada masyarakat.

Kerjasama ini melalui launching aplikasi berbasis web yang disebut dengan Jamu Kuat (Kerja Sama Mewujudkan Keadilan Untuk Masyarakat).

Kerja sama tersebut tertuang dalam nota kesepakatan yang ditandatangani oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Alwi Mallo, di Hotel Patrajasa Semarang, Jumat (1/10/2021).

Taj Yasin mengaku senang dengan inovasi yang dilakukan PTA Semarang. Keberadaan aplikasi akan sangat membantu perbaikan layanan kepada masyarakat.

Untuk mencari informasi atau memanfaatkan berbagai layanan hukum, masyarakat tidak perlu lagi bolak-balik ke Pengadilan Agama, sehingga akan memberi kemudahan dan cepat. Aplikasi juga bermanfaat untuk memberikan informasi hingga pada tingkat pengawasan.

“Sehingga pengawasan itu bukan secara manual, tetapi terintegrasi dengan sistem. Ketika sistem itu sudah bicara, sudah mendata, tidak bisa kita mengelak lagi. Ada catatan-catatan yang tersimpan secara otomatis,” kata dia.

Inovasi yang dibangun PTA Semarang ini, menurut Taj Yasin, sejalan dengan semangat Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan mudah, murah, cepat dan tuntas. Maka, aplikasi Jamu Kuat diharapkan pula mampu memberikan layanan bagi masyarakat yang membutuhkan keadilan, secara tuntas.

“Kita tidak ingin pekerjaan kita hanya cepat saja, hanya mudah saja, hanya murah saja, tapi tidak tuntas. Maka dengan aplikasi, saya berharap apapun yang dibutuhkan masyarakat tentang keadilan akan semakin tuntas,” pesannya.

Ketua PTA Semarang, Alwi Mallo mengatakan, salah satu alasan hadirnya aplikasi Jamu Kuat adalah masih adanya beberapa putusan pengadilan agama yang terlambat dilaksanakan, sehingga masyarakat tidak mendapatkan keadilan yang diinginkan.

Komentar

VIDEO TERKINI