Enam Sungai di Klaten Tercemar, Mayoritas Dipicu Limbah Rumah Tangga

September 23, 2021

TERCEMAR: Salah satu sungai yang melintasi di wilayah perkotaan di Kelurahan Kabupaten, Kecamatan Klaten Tengah yang diuji DLHK. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

KLATEN, RAKYATJATENG – Enam sungai di Klaten tercemar. Hasil uji laboratorium Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Klaten menemukan kandungan air di sungai yang melintasi kota itu di atas baku mutu.

“Dalam setahun kami lakukan dua kali uji lab kualitas air. Pada musim kemarau sekitar Maret-Mei dan saat musim penghujan, Oktober. Seperti hasil uji lab yang terakhir kualitas air sungai di Klaten sudah di atas baku mutu,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Dampak Lingkungan DLHK Klaten Dwi Maryono, Rabu (22/9/2021).

Dwi Maryono mengungkapkan, dalam mengukur uji lab kualitas air sungai, DLHK menggunakan 27 parameter sehingga mengetahui tingkat pencemarannya. Tetapi ada sejumlah parameter yang menjadi perhatian seperti biological oxygen demand (BOD), chemical oxygen demand (COD) serta total coliform. Pengujian dilakukan pada bagian hulu dan hilir dari sungai tersebut.

Sebagai informasi, BOD adalah jumlah oksigen yang dibutuhkan mikroorganisme untuk mengurai bahan organik di dalam air. BOD yang tinggi sebagai indikator karena air sungai mengandung zat tertentu. Tetapi BOD lebih merujuk pada bahan organik. Sedangkan COD merujuk pada bahan kimiawi.

Sementara itu, enam sungai yang diuji DLHK di antaranya Sungai Soran, Sungai Korman, Sungai Pusur. Termasuk juga Sungai Modin, Sungai Kacang Ijo dan Sungai Merbung, sehingga terdapat 12 titik pengambilan sampel. Hasil uji lab kualitas air sungai itu menjadi dasar dalam mengambil kebijakan guna menjaga ekosistem sungai.

“Misalnya berdasarkan uji lab yang kami lakukan pada Maret 2021 di Sungai Kroman, baku mutu BOD yakni 3 mg per liter. Saat dilakukan pengujian di bagian hulu sudah di atas baku mutu yakni 4,4 mg per liter. Sedangkan di bagian hilirnya menjadi 13,4 mg per liter,” jelas Dwi Maryono.

Komentar

VIDEO TERKINI