BKN Akan Jadwal Ulang Ujian SKD CPNS di Sejumlah Lokasi

  • Bagikan
Pelaksanaan CAT SKD CPNS di UNS. (SEPTINA FADYA/RADAR SOLO)

JAKARTA, RAKYATJATENG – Badan kepegawaian Negara (BKN) akan menjadwal ulang pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di sejumlah titik lokasi.

Penjadwalan ulang ini dilakukan lantaran terjadi gangguan teknis saat pelaksanaan tes pada 20-21 September.

“Untuk sejumlah wilayah yang terdampak, BKN akan menjadwalkan ulang pelaksanaan SKD,” kata Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Satya Pratama, Selasa (21/9/2021).

Titik lokasi yang terdampak adalah titik lokasi mandiri BKN Balikpapan untuk instansi Kejaksaan Agung dan instansi Kementerian Pertanian. Beberapa titik lokasi mandiri instansi daerah juga terdampak oleh gangguan teknis.

“Kedua instansi tersebut (Kejaksaan Agung dan Kementerian Pertanian, Red) dapat mempublikasikan kembali jadwal ulang sesuai waktu yang diberikan BKN,” ucap Satya.

Sementara itu, bagi titik lokasi mandiri instansi daerah bisa segera bersurat ke BKN agar dilakukan penjadwalan ulang. Yakni setelah berkoordinasi dengan kepala kantor regional BKN setempat.

Adapun gangguan teknis yang mengganggu berjalannya SKD adalah gangguan pada sistem komunikasi kabel bawah laut yang melalui Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan, ruas Batam-Pontianak pada Minggu (19/9) mulai pukul 17.33.

Gangguan tersebut telah dikonfirmasi dalam keterangan resmi PT Telkom Group dan berdampak pada penurunan kualitas layanan ISP PT Telkom Group di beberapa wilayah di Indonesia.

Satya mengatakan, BKN telah meminta PT Telkom untuk menambah kapasitas dan mempercepat pemulihan jaringan.

“BKN mengambil langkah mitigasi berupa pemanfaatan koneksi jaringan dari provider lain sebagai alternatif pada beberapa titik lokasi SKD yang memungkinkan,” papar Satya.

Titik lokasi mandiri instansi diharapkan bisa menyiapkan provider internet lain yang dapat digunakan sewaktu-waktu jika provider utama mengalami gangguan. Antisipasi ini sudah diimplementasikan di sejumlah titik lokasi mandiri BKN, yang tersebar di 13 kota.

“BKN juga akan terus melakukan monitoring dan koordinasi terkait dengan perkembangan pemulihan jaringan oleh PT Telkom Group,” tandas Satya. (Antara)

  • Bagikan