Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2021, Ini Penegasan Kapolres Demak

  • Bagikan

DEMAK, RAKYATJATENG – Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2021, di halaman depan Mapolres Demak, Polda Jawa Tengah, Senin (20/9/2021).

Komandan apel adalah Iptu Setyo dan Perwira Apel AKP Fandy Setiawan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo, Bupati Demak Hj Esti’anah, Wakapolres Demak Kompol Johan Valentino Nanuru, serta Pejabat Utama Polres Demak, Kapolsek Jajaran Polres Demak.

Sedangkan pasukan apel adalah personel gabungan Polres Demak, Kodim 0716/Demak, Satpol PP serta BPBD dan Dinas Perhubungan.

Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono dalam amanatnya menyampaikan bahwa, tema Operasi Patuh Candi 2021 ini adalah “Melalui Operasi Patuh Candi 2021 Kita Tingkatkan Disiplin Prokes dan Tertib Berlalu Lintas Dalam Rangka Mencegah Penyebaran Corona Virus Diseasi (COVID-19) serta Mewujudkan Kamseltibcarlantas yang Mantap di Wilayah Hukum Polres Demak”.

Operasi patuh akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai 20 September hingga 3 Oktober 2021 yang dilaksanakan serentak di seluruh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas di tengah pandemi COVID-19.

Dalam operasi patuh tahun ini diprioritaskan kegiatan simpatik dalam rangka percepatan penanganan COVID-19. Meliputi kegiatan edukasi protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas berupa baksos, bagi masker, serta pemasangan stiker imbauan protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas.

“Laksanakan giat baksos kepada masyarakat, giat pelayanan kepada masyarakat guna menciptakan rasa simpatik masyarakat kepada Polri,” ucap Kapolres Demak.

Kapolres menyampaikan bahwa dalam Kegiatan Operasi Patuh Candi 2021 kali ini berbeda dengan yang sebelumnya. Karena untuk kegiatan saat ini tidak berorientasi pada penegakan hukum lantas yaitu tilang namun berupa tindakan simpatik.

“Seluruh giat diarahkan pada pola preemtif dan preventif yang berupa tindakan simpatik humanis kepada masyarakat, dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada polri,” terangnya.

Hal tersebut menurutnya dalam rangka untuk membangun kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri. Kegiatan itu juga dalam rangka upaya penurunan level PPKM di Kabupaten Demak.

Tidak dilaksanakan razia kendaraan seperti tahun sebelumnya. “Kita utamakan tindakan simpatik dan bakti sosial untuk masyarakat,” kata Kapolres Demak.

Kapolres menegaskan, agar dalam pelaksanaan tugas dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, serta bertindak dengan humanis dan selalu bersinergi dengan instansi terkait.

“Utamakan sinergitas dalam pelaksaan tugas, serta laksanakan dengan tegas namun tetap humanis,” tutup Kapolres Demak.

Selain apel kesiapan anggota, dalam kegiatan tersebut juga digelar kendaraan dinas sebagai sarana pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2021 di wilayah Kabupaten Demak. (*)

  • Bagikan