Segarnya Ciblon di Saluran Irigasi Karanggondang

September 19, 2021

Suasana di Wisata Ciblon, Desa Karanggondang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jumat (17/9/2021). (NANANG RENDI AHMAD/JAWA POS RADAR SEMARANG)

PEKALONGAN, RAKYATJATENG – Wisata Ciblon Karanggondang memang bukan destinasi wisata besar. Tetapi jika mencari sensasi segarnya mandi di irigasi, di sana lah tempatnya.

Bagi kalangan orang tua, bisa menjadi nostalgia masa kanak-kanak.

Wisata Ciblon terletak di Desa Karanggondang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Tak begitu jauh dari pusat pemerintahan, Kajen.

Jika dari Tugu Duren Karanganyar, hanya satu kilometer ke arah selatan. Ikuti saja irigasi di pinggir jalan itu, dijamin tak akan menyasar.

Karanggondang boleh dibilang salah satu desa yang masih asri di Kabupaten Pekalongan. Di pinggir jalan masih berderet pohon-pohon besar.

Dari jalan utama masih bisa memandang sawah, irigasi, dan rumah-rumah yang masih khas pedesaan. Begitu pun jalan menuju Wisata Ciblon.

Jika dari kota, wisata ini terletak di kanan jalan. Dari pintu masuk, pengunjung sudah bisa mendengar derasnya aliran irigasi. Itu lah wahana utama wisata ini.

Pengelola memanfaatkan irigasi desa yang tersambung dari Bendungan Padurekso. Pengelolanya tak lain dan tak bukan ialah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Karanggondang. Mereka menjadikan wisata itu sebagai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dibuka sejak 2018.

Pengunjung tidak dimintai tiket masuk. Hanya membayar ongkos parkir kendaraan. Rp 5 ribu untuk motor, dan Rp 10 ribu untuk mobil.

“Kalau mandi memang gratis. Sewa ban pelampung cukup bayar Rp 5 ribu,” kata petugas penjaga pintu masuk, Jumat (17/6/2021).

Siang itu pengunjung tak begitu ramai. Pengelola membatasi pengunjung karena pandemi. Namun riuh dan keseruan masih bisa dirasakan.

Komentar

VIDEO TERKINI