Pemkab Demak Buka Sayembara Desain Perluasan Kota, Siapkan Hadiah Ratusan Juta

September 11, 2021

Bupati Demak dr Eistianah, Ketua DPRD Fahrudin Bisri Slamet, Wabup KH Ali Makhsun dan Sekda dr Singgih Setyono melaunching sayembara desain perluasan Kota Demak di ruang Bina Praja kemarin sore. (wahibpribadi)

DEMAK, RAKYATJATENG – Pemkab Demak berencana memperluas Kota Demak ke tiga penjuru. Lokasi yang akan menjadi sasaran pengembangan kota memanjang mulai dari jembatan Kalikondang, Kecamatan Demak Kota hingga perempatan lampu traffic light Trengguli, Kecamatan Wonosalam.

Kemudian, perluasan juga mengarah ke pasar Wonosalam ditambah ke arah Kecamatan Dempet sampai arah Donorojo, Kecamatan Demak Kota.

Untuk mencapai target pembangunan perluasan kota ini, kemarin, Bappeda dan Litbang Pemkab Demak melaunching sayembara desain perluasan kawasan perkotaan.

Launching desain dipimpin Bupati Demak dr Eistianah dan disaksikan Ketua DPRD Demak H Fahrudin Bisri Slamet (FBS) bersama Wabup KH Ali Makhsun dan Sekda dr Singgih Setyono MMR.

Kepala Bappeda dan Litbang, Suhasbukit menyampaikan, pengembangan kota tersebut setidaknya membutuhkan lahan 1.313,39 hektare. Didalamnya terdapat, lahan existing berupa industry, permukiman, perkotaan, permukiman pedesaan, sawah pertanian, sungai, avour dan jalan.

“Desain ini nantinya dapat menjadi acuan dalam pengembangan Kabupaten Demak yang lebih tertata secara baik dan berkelanjutan,” katanya.

Perluasan kota ini dimaksudkan untuk menopang pengembangan pusat layanan pemerintahan, permukiman penduduk, aktivitas perekonomian dan industry, aktivitas sosial dan budaya serta aktivitas sektor pariwisata.

“Dengan demikian, dapat meningkatkan perputaran uang, pengurangan pengangguran, meningkatkan kualitas hidup yang layak, tercukupinya kebutuhan dasar penduduk serta menjadikan wisatawan lebih nyaman di Demak,” katanya.

Suhasbukit menambahkan, secara teknis, pendaftaran sayembara dimulai 10 hingga 27 September 2021 hingga pengumuman pemenang pada 25 November 2021.

Komentar

VIDEO TERKINI