Elektabilitas Andi Amran Sulaiman Tertinggi Dibandingkan Tokoh Timur Lainnya

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATJATENG – Index Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait peluang keterpilihan bakal calon presiden dan wakil presiden jelang pemilu 2024 di wilayah Pamasuka.

Pamasuka adalah akronim dari wilayah Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan dengan jumlah pemilih kurang lebih 30 juta orang.

Menurut Index Indonesia, Pamasuka adalah wilayah elektoral penting dan strategis yang dalam dua periode pemilihan sebelumnya merupakan daerah yang menjadi kunci kemenangan Jokowi, baik ketika berpasangan dengan Jusuf Kalla maupun ketika berpasangan dengan Ma’ruf Amin.

Yang menarik adalah nama Andi Amran Sulaiman merupakan satu figur yang cukup menonjol mewakili suara dari Indonesia Timur sebagai calon wakil presiden paling elektabel siapa pun pasangannya.

Bahkan Andi Amran menempati elektabilitas tertinggi dibanding tokoh dari timur lainnya seperti Syahrul Yasin Limpo dan Anis Matta.

Pada survei ini, dari 3 besar bakal calon presiden, nama Prabowo memperoleh elektabilitas tertinggi dengan 37,0 persen, disusul Anies Baswedan dengan 31,9 persen dan Ganjar Pranowo 25,5 persen.

Sedangkan untuk 3 besar bakal calon wakil presiden ditempati Agus H. Yudhoyono 55,5 persen yang merepresentasikan Jawa, Muhaimin Iskandar 15,3 persen yang juga merepresentasikan Jawa dan Andi Amran Sulaiman 9,3 persen yang merepresentasikan Indonesia Timur.

Nama yang juga cukup menonjol adalah Tito Karnavian yang merepresentasikan Sumatera.

Survei Index Indonesia ini dilakukan dari tanggal 22 hingga 31 Agustus 2021 dengan responden 1000 orang, margin error, 3,3 persen, tingkat kepercayaan 95 persen dengan multistage random sampling. (*)

  • Bagikan