Sehatkan Jiwa dan Kurangi Depresi, Atikoh Ingin Olahraga Jadi Jatidiri Warga

September 10, 2021

SEMARANG, RAKYATJATENG – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo berharap warga Jawa Tengah semakin sadar berolahraga untuk meningkatkan kesehatan jiwa dan raga.

Hal itu disampaikannya, di sela menghadiri Peringatan Haornas (Hari Olahraga Nasional) ke-38, di Kabupaten Semarang, Kamis (9/9/2021).

Menurutnya, olahraga bukan sekadar aktivitas fisik melelahkan. Penelitian membuktikan olah tubuh juga berguna bagi kesehatan mental. Secara saintifik, olahraga menstimulasi serotonin dan endorfin yang membuat tubuh lebih santai, dan suasana hati gembira.

“Manfaat olahraga itu bagus, selain untuk kesehatan, juga ajang me time. Karena berdasarkan penelitian olahraga menurunkan tingkat depresi. Jadi sehat jiwa dan raganya,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Atikoh juga berharap atlet-atlet Jateng dapat berprestasi pada ajang PON XX 2021, di Papua. Pada ajang yang akan dihelat Oktober itu, Jateng mengikuti 39 cabang olahraga dengan kontingen berjumlah 651 orang.

Selain ajang PON XX, pada November 2021 Jateng juga akan berlaga pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas). Pada ajang yang juga dihelat di Papua itu, Jateng mengirimkan 304 atlet dan ofisial.

“Pada PON XX, harapannya tentu kontingen Jateng bisa memberi prestasi yang terbaik. Ajang ini juga sebagai jalan untuk mencapai jenjang yang lebih tinggi, seperti Olimpiade atau ASEAN Games,” ungkap Atikoh.

Atikoh berpesan agar semangat Haornas Jateng yang mengambil tema “Jateng Tangguh”, dapat diresapi masyarakat. Ia ingin, olahraga menjadi bagian dari jatidiri warganya.

“Namanya juga sport, kita harus sportif. Olahraga juga sebagai ajang untuk mengeratkan persaudaraan atlet-atlet di Indonesia,” pungkas Atikoh. (*)

Komentar

VIDEO TERKINI