Pantau Latsarmil Komcad di Rindam IV/Diponegoro, Ini Pesan Penting Dankodiklatad

September 9, 2021

MAGELANG, RAKYATJATENG – Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad) Letjen TNI AM Putranto melakukan kunjungan kerja ke Rindam IV/Diponegoro, Magelang, Kamis (9/9/2021).

Kunjungan dalam rangka memantau Latsarmil Komcad yang diikuti 500 siswa dari berbagai suku, agama, status, pendidikan dan pekerjaan.

Pada kesempatan itu Dankodiklatad memberi pengarahan kepada para siswa. Dia mengatakan bahwa para siswa adalah Komponen Cadangan (Komcad) yang nantinya akan disiapkan untuk membantu tugas TNI-Polri dalam mengatasi situasi genting di seluruh Indonesia.

Selain itu materiil maupun fasilitas pelatihan yang digunakan saat ini semuanya termasuk baru. “Tidak semua orang bisa merasakan fasilitas ini, sebab hanya yang mendaftar yang bisa menggunakannya dan semuanya dibiayai oleh negara,” kata Putranto.

Dankodiklatad juga menekankan kepada seluruh siswa untuk selalu setia kepada Pancasila, berpegang teguh pada sumpah atau janji Komcad dan mengasah terus kemampuan Bela Negara. Sesuai dengan apa yang telah diberikan oleh pelatih selama tiga bulan.

“Kamu harus bersyukur dan tidak boleh sombong saat bertemu Komcad lainnya. Namun pada saat tampil, kalian harus tunjukkan yang terbaik hasil latihan yang telah diberikan oleh Rindam IV/Diponegoro,” katanya.

Dankodiklatad, dalam kunjungannya itu didampingi Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Widi Prasetijono. Kegiatan diawali dengan paparan yang disampaikan Danrindam IV/Diponegoro Kolonel Inf Tarsono.

Melalui paparannya, Danrindam menerangkan tentang sarana dan prasarana saat pelatihan. Hasil dari materi latihan yang didapatkan para siswa dan dukungan perlengkapan guna menjadi bahan evaluasi kedepannya, serta senantiasa menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (Sen)

Komentar

VIDEO TERKINI