Ruangguru Selenggarakan KSR SMP/MTs, Siapkan Hadiah Ratusan Juta, Begini Cara Pendaftarannya

September 8, 2021

SEMARANG, RAKYATJATENG – Ruangguru, perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Asia Tenggara, baru saja menyelenggarakan Kompetisi Sains Ruangguru (KSR) jenjang SMA/MA.

KSR merupakan kompetisi sains berskala nasional pertama dan terbesar di Indonesia sebagai. Kompetisi sains ini digelar sebagai wadah pengasahan minat, pengukuran potensi, dan percetakan siswa dan siswi tangguh serta berprestasi di bidang sains dari seluruh Indonesia.

Dalam menyelenggarakan KSR, Ruangguru berkolaborasi dengan Juri Kompetisi Sains Nasional dan Tim Olimpiade Nasional untuk 6 bidang mata pelajaran, yaitu Biologi, Matematika, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.

Berdasarkan hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 kepada 600.000 anak berusia 15 tahun dari 79 negara, siswa sekolah menengah dari Indonesia berada di urutan ke-74 dari 79 negara dalam kategori literasi, sains, dan matematika.

Karena itu, Ruangguru menggelar KSR sebagai manifestasi dalam mengubah rupa ilmu sains menjadi mata pelajaran yang lebih diminati oleh siswa/siswi Indonesia.

VP Marketing, Ruangguru, Ignatius Untung Surapati, mengaku gembira melihat sambutan baik dari pelajar dan sekolah di Indonesia terhadap penyelenggaraan KSR.

“Terlepas dari keragaman tingkat partisipasi di setiap provinsi, jumlah partisipasi sebanyak 20.222 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia merupakan indikasi baik terhadap minat pelajar Indonesia di bidang sains,” kata Untung, .

Menurut, hasil data KSR menunjukkan bahwa pulau Jawa dan Bali masih relatif dominan dan masih ada ketimpangan di bagian timur Indonesia. Namun ada juga kejutan baik prestasi dari Kepulauan Riau dan Riau yang berhasil menduduki 3 besar di putaran regional.

Data juga menunjukkan bahwa ada korelasi linear antara tingkat penetrasi internet di provinsi dengan hasil skor yang dicapai oleh para peserta KSR.

Komentar

VIDEO TERKINI