Pengunjung Taman Balekambang dan TSTJ Harus Bawa Kartu Vaksin

September 2, 2021

DICEK: Petugas keamanan Taman Balekambang tengah memeriksa kartu vaksin seorang pengunjung, Rabu (1/9). Selama dibuka kembali pengunjung yang hendak masuk harus membawa kartu vaksin. (M. IHSAN/RADAR SOLO)

SOLO, RAKYATJATENG – Taman Balekambang dan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) mulai simulasi menerima kunjungan wisata kemarin (1/9). Bagi pengunjung yang tidak bisa menunjukkan kartu vaksin terpaksa harus gigit jari karena tidak diizinkan masuk.

Hari pertama pembukaan kembali objek wisata kemarin mulai dikunjungi wisatawan lokal. Hingga pukul 12.00, sedikitnya 22 wisatawan berkunjung ke kawasan taman kota itu, sementara delapan wisatawan lainnya ditolak lantaran tak bisa menunjukkan kartu vaksin.

“Sementara ini belum menggunakan aplikasi PeduliLindungi karena belum siap. Tapi sesuai arahan pimpinan kami diperintahkan untuk mengecek kejelasan vaksinasi pengunjung. Makanya kami cek bukti vaksinasinya, paling tidak bisa menunjukkan bukti fisik telah divaksin minimal sekali,” kata seorang petugas keamanan Taman Balekambang Ahmad ditemui Jawa Pos Radar Solo kemarin (1/9).

Adanya ketentuan itu membuat sejumlah pengunjung gagal berwisata di objek wisata peninggalan trah Mangkunegaran itu. Mereka menyayangkan aturan vaksin sebagai syarat administrasi untuk memasuki suatu tempat atau kawasan.

“Saya skan perantauan dan di tempat saya untuk dapat vaksin agak susah. Sementara cari di Solo juga belum dapat. Harusnya diutamakan penerapan prokes saja. Kalau masalah menggunakan kartu vaksin sebagai syarat administrasi masuk ke suatu tempat saya pikir kurang tepat,” keluh Abel Ismail, salah seorang pengunjung asal Jombang, Jawa Timur.

Keluhan serupa juga disampaikan salah seorang pengunjung lain yang tidak bisa berwisata di Taman Balekambang, Tri Suwartini, 55. Karena suatu alasan dia membatalkan rencana untuk bersantai sejenak di lokasi wisata tersebut.

Komentar

VIDEO TERKINI