Kapal Terbakar di Galangan Pati, Kerugian Capai Rp 1 Miliar

September 2, 2021

PATI, RAKYATJATENG – Peristiwa kebakaran terjadi di galangan kapal di Desa Bendar. Kali ini, terjadi kemarin malam (30/8) sekitar pukul 19.30 menimpa kapal milik H. Zaenuri, warga RT 2/RW 2, Desa Bendar, Juwana, Pati. Penyebab kebakaran masih diselidiki. Kerugian akibat peristiwa ini diperkirakan mencapai Rp 1 miliar.

Kepala Satpol PP Sugiyono mengungkapkan, kejadian ini bermula saat korban sekaligus pemilik kapal H. Zaenuri pergi mencari makan sekitar pukul 19.00. Saat dia melintasi tempat kejadian perkara belum terjadi apa-apa.

Sekitar pukul 19.30, korban ditelepon dan diberitahukan bahwa kapal miliknya yang sedang berada di galangan terbakar dengan api yang sudah membesar. Para saksi yang berada di tempat langsung memberitahukan kejadian ini ke pihak desa. Selanjutnya, dilaporkan ke petugas pemadam kebakaran (damkar). Personel damkar langsung merapat ke lokasi kejadian.

Kapal yang terbakar merupakan jenis purse seine dengan panjang 20 meter dan kapasitas muatan 130 ton. Saat petugas damkar ke lokasi, kondisi kapal sudah terbakar mulai dari atap sampai dengan lambung kapal. Nilai kerugian sendiri mencapai Rp 1 miliar. Si jago merah melalap 60 persen kayu bagian dalam kapal terbakar.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.30 dengan bantuan tujuh unit damkar, Sat Polairud Polres Pati, Polsek Juwana, instansi kemaritiman, dan warga sekitar.

”Penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan tim Inafis Polres Pati. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya ada kerugian material,” imbuh Sugiyono.

(ks/aua/lin/top/JPR/JPC)

Komentar

VIDEO TERKINI