Danrindam: Jadilah Babinsa yang Dibanggakan dan Teladan Masyarakat

September 1, 2021

MAGELANG, RAKYATJATENG – Pendidikan Pembentukan Bintara Khusus (Diktukbasus) Babinsa TNI AD TA 2021 resmi ditutup. Penutupan dipimpin Danrindam IV/Diponegoro Kolonel Inf Tarsono mewakili Pangdam IV/Diponegoro di Lapangan Secaba Rindam IV/Diponegoro, Magelang, Rabu (1/9/2021).

Dalam amanat tertulis Pangdam IV/Diponegoro yang dibacakan Danrindam menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada para mantan siswa Diktukbasus Babinsa atas keberhasilannya menyelesaikan pendidikan.

Babinsa merupakan unsur pelaksana Koramil yang bertugas melaksanakan pembinaan teritorial (Binter) di wilayah pedesaan atau kelurahan yang sangat berpengaruh untuk melakukan koordinasi.

Berkoordinasi dengan aparat terkait di desa atau kelurahan, seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda guna keberhasilan pembinaan teritorial.

Sebagai seorang Babinsa penyesuaian diri dengan lingkungan penugasan dituntut harus lebih cepat. Disamping itu juga mampu menjadi mediator dalam setiap masalah yang timbul di tengah-tengah masyarakat.

“Jadilah Babinsa yang dibanggakan dan menjadi teladan bagi masyarakat. Sebagaimana semboyan Ki Hadjar Dewantara, Ing ngarso sung tuladha,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, guna menunjang keberhasilan tugas ke depan, Pangdam menekankan agar selalu mengaplikasikan bekal yang telah didapat selama pendidikan.

Khususnya lima kemampuan teritorial yang merupakan landasan tugas seorang Babinsa untuk memberikan pengabdian yang terbaik.

“Selamat bertugas, semoga Tuhan YME selalu memberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungannya kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara,” kata Tarsono. (Sen)

Komentar

VIDEO TERKINI