Duh! Lagi Persiapan PTM, Atap Ruang Kelas SD di Kudus malah Ambrol

Agustus 28, 2021

KUDUS, RAKYATJATENG – Baru persiapan simulasi PTM, tiga ruang kelas di SD 4 Prambatan Kidul malah ambrol. Ruangan kelas I dan III sudah ambruk. Sedangkan kelas II masih bertahan tapi dicengkal dengan bambu.

Atap kelas itu mengalami rusak parah. Tak lama lagi kemungkinan bakal ambrol. Menyusul kedua kelas yang sudah beratapkan langit.

Kepala SD 4 Prambatan Kidul Himawanto menjelaskan, tiga ruang itu rusak sejak Desember 2020.

“Saya sudah mengajukan bantuan ke Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus, namun baru diupayakan usulan bantuannya. Dikarenakan, pada 2019 kami sudah pernah mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) rehab tiga ruang kelas yakni kelas IV, V dan VI. Sehingga, dalam waktu berdekatan belum bisa mengajukan DAK lagi,” jelasnya.

Dia mengaku, ruang kelas I roboh 31 Desember 2020. Kemudian ganti kelas III yang roboh sekitar 18 Maret 2021. Pihaknya, sudah mengajukan surat ke Disdikpora sejak 2020, hingga sekarang belum ada informasi lebih lanjut.

“Kondisi atap tiga ruang tersebut sudah rapuh lama. Kami sudah membuat proposal ke Disdikpora Kudus,” kata kepala sekolah.

Himawanto mengaku saat dua atap ruang tersebut ambruk, kondisi ruangan dalam keadaan kosong. Barang-barang dan fasilitas pembelajaran didalam ruang tersebut telah dipindahkan semua.

Kebetulan anak-anak daring, sehingga tidak ada korban. Tiga ruang rusak di SD 4 Prambatan Kidul ini, hingga kini belum diperbaiki. Material kayu, genteng, dan tembok hanya ditata ditepi ruang tersebut.

“Kalau nanti pembelajaran tatap muka (PTM) diperbolehkan kami buat bergantian atau memanfaatkan ruangan yang masih ada, seperti perpustakaan dan ruang ekstrakulikuler,” paparnya.

Komentar

VIDEO TERKINI