Bayi Perempuan Ditemukan Dalam Kardus, Mulutnya Diplester

Agustus 24, 2021

Lokasi penemuan bayi dalam kardus di Lingkungan Donoharjo RT 05 RW 02, Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri.

WONOGIRI, RAKYATJATENG – Warga Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, digegerkan dengan penemuan bayi dalam kardus, Selasa (24/8) pagi.

Bayi yang ditemukan di sekitar jembatan di Lingkungan Donoharjo RT 05 RW 02, Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri itu berjenis kelamin perempuan dalam kondisi hidup dan tali pusar masih menempel.

Bayi itu pertama kali diketahui oleh Pranata Oditia Graha, 29, warga setempat di depan rumahnya sekitar pukul 06.30. Dia diberi tahu ibunya jika ada kardus di pinggir jalan depan rumahnya.

“Ibu nggak berani membuka kardus itu. Kardusnya saya buka pelan-pelan pakai kayu awalnya, disaksikan beberapa warga sini. Saat saya buka ternyata isinya bayi, tangannya melambai,” kata dia.

Kaget dengan adanya temuan itu, dia langsung melapor ke ketua RT setempat, dan akhirnya diteruskan hingga kepolisian. Usai dibuka, banyak pejalan kaki yang langsung mendekati lokasi itu. Warga pun membawa bayi itu ke teras rumah.

Bayi perempuan tersebut langsung digedong menggunakan jarik. Dia menduga, bayi itu belum lama lahir karena tali pusarnya masih belum lepas.

“Kayae belum disusui, ini tadi sama warga lain berusaha agar bayi selamat,” kata Pranata.

Dia menuturkan, saat ditemukan bibir bayi mungil itu ditutup dengan hansaplast atau plester. Dugaannya, hal itu dilakukan agar tangisan bayi tak terdengar warga.

Informasi yang dihimpun, diduga kuat bayi tersebut diletakkan di lokasi itu saat hari masih pagi. Saat ini bayi sudah dievakuasi dan berada di puskesmas. (al/ria/JPC)

Komentar

VIDEO TERKINI