Nekat Bobol ATM di Magelang untuk Bayar Utang dan Beli Mobil BMW

Agustus 16, 2021

Kapolres Magelang AKBP Ronald A. Purba bersama jajaran menunjukkan barang bukti dalam gelar perkara, Minggu (15/8/2021).(LUQMAN SULISTIYAWAN/JAWA POS RADAR MAGELANG)

MAGELANG, RAKYATJATENG – Kasus pembobolan ATM Rp 470 juta, di Jalan Sarwo Edi Wibowo, Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, terungkap. Dua tersangka diringkus Satreskrim Polres Magelang.

Keduanya dihadirkan dalam gelar perkara di Mapolres Magelang, Minggu (15/8/2021) siang.Sepanjang gelar perkara, pelaku terus membelakangi awak media. Mengenakan baju tahanan berwarna orange dengan tangan terborgol.

Identitas kedua pelaku yakni RA (35), warga Piyungan, Kabupaten Bantul dan ARW (26), warga Ngaglik, Kabupaten Sleman. Mereka mengaku membobol ATM karena terlilit utang Rp 180 juta.

“Alasan mengambil di ATM karena uangnya banyak. Saya belajar di YouTube,” ujar RA singkat.

Kata dia, belajar tentang cara membobol ATM satu bulan lalu, sebelum melakukan aksinya tersebut.

Pelaku ARW menuturkan, uang Rp 470 juta yang dibobol di ATM dibagi rata berdua.

Selain untuk membayar utang, ARW juga menggunakannya untuk membeli mobil BMW Rp 90 juta. “Beli mobil BMW secara cash,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Magelang AKBP Ronald A. Purba menerangkan, pelaku berhasil diringkus dalam kurun waktu kurang dari 24 jam setelah kejadian pada Jumat (13/8/2021).Kedua pelaku diamankan di rumahnya di Jogjakarta.

Kata Ronald pelaku tersebut bekerja sebagai driver online.

Sambung Ronald, dalam melancarkan aksinya, pelaku memasuki Indomaret dengan cara memanjat lewat samping bangunan. Kemudian menjebol plafon.

“Setelah berhasil masuk Indomaret pelaku memutus semua televisi dan kamera CCTV dipilox,” katanya.

Pelaku lantas merusak dan membobol mesin ATM dengan alat las. Dikatakan Ronald, sebelum melakukan tindakan tersebut, pelaku terlebih dahulu survei. Bahkan mereka juga pernah melakukan aksi serupa di Kalinegoro, Mertoyudan serta beberapa wilayah di Kebumen, Sukoharjo dan Temanggung, namun gagal.

Komentar

VIDEO TERKINI