Resmikan Kampus UMKM Shopee, Ganjar: Problem UMKM di Jateng Adalah Pemasaran

Agustus 15, 2021

SEMARANG, RAKYATJATENG – Bertepatan dengan Hari Jadi ke 71 Provinsi Jawa Tengah, Gubernur Ganjar Pranowo meresmikan Kampus UMKM Shopee di Kota Semarang, Minggu (15/8/2021). Ganjar berharap adanya ini akan memudahkan para pelaku UMKM untuk lebih tangguh.

Ganjar mengatakan, problem UMKM di Jawa Tengah yang terus ditemukannya hingga hari ini adalah kendala pemasaran. Maka dia berharap, kerja sama dengan Shopee ini bisa mendorong pelaku UMKM di Jawa Tengah melompat naik dan terkenal.

“Sehingga pada kesempatan ulang tahun ke-71 Jawa Tengah ini, saya ambil tema Jateng Tangguh. Maka mereka semua juga harus tangguh, termasuk UMKM-nya harus tangguh,” kata Ganjar, dalam konferensi pers usai peresmian, di Hetero Space UMKM Jawa Tengah, Banyumanik, Semarang.

Ganjar berharap, ke depan kampus UMKM seperti ini juga tersedia di daerah lain. Sehingga, UMKM di Jateng makin tangguh dan bisa bangkit, meski di masa pandemi.

“Hari ini di Solo juga udah ada, maka kita akan buat di banyak titik. Maka kemudian pascapandemi, gempuran pandemi ini banyak yang kolaps, lalu banyak yang bertanya, ‘Pak, cari kerjaan susah’. Saatnya bukan cari kerjaan, saatnya bikin kerjaan sendiri, menjadi enterpreneur, membangun satu bisnis startup sendiri, dan kita akan coba fasilitasi. Ini bagian dari mewujudkan. Mudah-mudahan UMKM bisa belajar,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, Kampus UMKM Shopee ini merupakan wujud komitmennya dalam mendukung para pelaku UMKM di Jawa Tengah. Selain di Semarang, Kampus UMKM Shopee juga sudah diresmikan di Solo pada Mei 2021 lalu.

Handhika berencana menambah Kampus UMKM di lima titik di Jawa Tengah. Harapannya, inisiatif ini bisa meningkatkan literasi digital bagi total 700.000 UMKM di Jawa Tengah.“Harapan kami, didirikannya Kampus UMKM Shopee Semarang dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan bisnis UMKM, guna menjadi salah satu lokomotif perekonomian daerah di Jawa Tengah,” tandasnya.

Komentar

VIDEO TERKINI